Berita Exchange · 7 min read

SEC Gugat Coinbase, Harga Kripto Justru Menguat!

coinbase

Coinbase menjadi target gugatan SEC selanjutnya berselang tak lama setelah SEC menggugat Binance pada 5 Juni 2023 pukul 10 malam kemarin.

SEC menuntut Coinbase sebab mengoperasikan exchange kripto yang tidak terdaftar serta tidak mendaftarkan penawaran program layanan staking aset kripto mereka.

SEC Gugat Coinbase dengan 7 Tuntutan

Dalam siaran pers yang diterbitkan pada website resmi SEC pada 6 Juni 2023, terdapat lampiran dokumen gugatan SEC yang berisikan tujuh tuntutan yang dilayangkan kepada Coinbase.

Dalam tuntutan tersebut, Coinbase dinyatakan tidak pernah mendaftar sebagai broker, exchange, sekuritas nasional, ataupun jasa kliring pada SEC.

Selain itu Coinbase juga didakwa sebab menjual aset kripto yang merupakan security token serta menyediakan layanan staking yang tidak terdaftar.

Dalam dokumen tersebut juga tercantum daftar aset kripto yang termasuk security token dan diperdagangkan pada Coinbase yakni: SOL, ADA, MATIC, FIL, SAND, AXS, CHZ, FLOW, ICP, NEAR, VGX, DASH, dan NEXO.

Harga Saham Coinbase Turun, Harga Kripto Justru Menguat

Per berita disiarkan, harga saham Coinbase dengan ticker COIN mengalami penurunan -15,4% dari harga penutupan 5 Juni 2023 yakni US$58,68 ke US$49,68.

coinbase
Gambar: Grafik harga saham Coinbase

Akan tetapi market kripto justru mengalami kenaikan, tidak seperti ketika berita gugatan SEC terhadap Binance mencuat. Harga Bitcoin sempat mengalami rebound +2,8% dari US$25.403 ke US$26.110. Market kripto juga sempat mengalami peningkatan valuasi sebesar +2,25% atau sebesar US$23,46 miliar dari US$1,043 triliun ke US$1,066 triliun.

Gambar: Grafik harga BTC
Gambar: Grafik valuasi market kripto

Baca juga: Harga Bitcoin dan BNB Anjlok Usai SEC Tuntut Binance

Trader SHORT Kena Gocek

Dilansir dari data Coinglass dalam satu jam terakhir setelah berita gugatan SEC terhadap Coinbase keluar, terdapat 90,75% posisi SHORT yang terlikuidasi. Terlihat bahwa mayoritas trader dan investor berspekulasi bahwa gugatan SEC terhadap Coinbase akan membuat harga kripto semakin turun. Nyatanya, harga kripto malah mengalami rebound.

Gambar: Data likuidasi dalam satu jam terakhir

Dalam satu jam terakhir, terdapat 90,75% posisi SHORT terlikuidasi atau sebesar US$14,52 juta. Sementara posisi LONG terlikuidasi sebesar 9,25% atau US$1,48 juta.

Baca juga: Binance Kena 13 Tuntutan SEC, CZ Pastikan Dana Pelanggan Aman

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.