Berita Exchange · 7 min read

Sam Bankman Fried Bebas dengan Jaminan Rp3,9 Triliun

Sam Bankman Fried bebas karena uang jaminan

22 Desember 2022 waktu Amerika Serikat, Pengadilan AS setuju untuk membebaskan mantan CEO FTX, Sam Bankman Fried (SBF) dengan jaminan US$250 juta (Rp3,9 triliun). Dengan pembebasan ini, Bankman-Fried kemungkinan bisa menghabiskan natal dan akhir tahun bersama keluarganya.

Sebelumnya, Sam Bankman-Fried melalui pengacaranya, Joyan Ferguson-Pratt mengajukan pembebasan dengan jaminan US$250.000 (Rp3,9 miliar) namun ditolak pada 14 Desember 2022.

Nilai jaminan Rp3,9 triliun ini pun menimbulkan pertanyaan dari mana Bankman-Fried mendapatkan dananya, sebab beberapa waktu lalu setelah FTX bangkrut, pria berusia 30 tahun ini mengklaim hanya memilki US$100.000 (Rp1,5 miliar) di rekening banknya, bersumber dari Cointelegraph.

Untuk saat ini belum diketahui dari mana ia mendapatkan uang tersebut, dan sejauh ini belum ada dana yang dikeluarkan untuk pembebasannya.

Jaminan Pembebasan Sam Bankman-Fried

Laporan Obligasi jaminan Sam Bankman Fried. Sumber: Decrypt.

Perjanjian rilis Bankman-Fried adalah “appearance bond”, janji untuk mematuhi batasan khusus sambil menunggu persidangan, dan untuk muncul saat waktunya tiba. Dia harus memberikan 10% dari jumlah jaminan sebagai jaminan untuk obligasi, tetapi tidak ada pembayaran aktual yang diperlukan.

“Appearance bond”, seperti yang diajukan ke pengadilan, menetapkan “personal recognizance bond” senilai $250.000.000 yang dijamin oleh empat orang, setidaknya satu dari mereka bukan anggota keluarga Bankman-Fried. Untuk saat ini, hanya dua tanda tangan yang ditandatangani oleh Allan Joseph Bankman dan Barbara Fried, ayah dan ibu SBF.

Pada sidang hari Kamis di New York, jaksa federal mengatakan bahwa obligasi Bankman-Fried adalah “obligasi pra-sidang tertinggi yang pernah ada.”

Berdasarkan undang-undang A.S., “pengakuan” berarti pembebasan di mana tidak diperlukan pembayaran di muka atau jaminan dan itu semata-mata didasarkan pada janji tertulis oleh terdakwa untuk hadir di pengadilan bila diminta untuk melakukannya.

“Ketika orang yang dicintai atau anggota keluarga menandatangani kontrak pengakuan, kegagalan pelaku untuk hadir di pengadilan berdampak pada orang lain yaitu penandatangan bersama yang juga ada dalam obligasi tersebut,” jelas Miriam Baer, wakil dekan dan profesor hukum di Sekolah Hukum Brooklyn, melansir dari Decrypt pada 23/12.

Baer menambahkan, “pengadilan juga dapat meminta pembayaran keamanan di muka, tetapi dalam beberapa hal, meminta anggota keluarga untuk ikut menandatangani ikatan pengakuan terutama yang memiliki jumlah dolar yang sangat tinggi adalah cara yang lebih ampuh untuk memastikan kekayaan orang kaya kembali ke pengadilan.”

Dengan aturan ini, Bankman-Fried tetap harus menghadiri persidangan selanjutnya yang dijadwalkan pada 5 Januari 2023 dan harus menunggu  di kediaman orang tuanya yang berlokasi di Palo Alto, California, bersumber dari reporter pengadilan, Matthew Russel Lee dari Inner City Press. 

Persyaratan Lain Pembebasan Sam Bankman Fried

Dokumen obligasi juga menetapkan persyaratan lain, seperti SBF ditahan di rumah dengan pemantauan lokasi elektronik yang berada dalam tahanan rumah orang tuanya di Palo Alto, California, surat pembatasan untuk keluar rumah, tidak ada aktivitas bisnis, dan penyerahan paspornya. 

“Saya ingin menekankan, klien saya secara sukarela setuju untuk menghadapi tuduhan ini, dan orang tuanya merupakan profesor Stanford, oleh karena itu, kami meminta untuk menerima pembebasan SBF, ” kata pengacara Bankman-Fried, dikutip dari Decrypt.

Baca Juga: 8 Dakwaan yang Diberikan Pada Sam Bankman-Fried

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Nabiila Putri Caesari

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.