Sam Bankman Fried Bawa FTX Raih Pencapaian Luar Biasa

Anisa Giovanny

24th December, 2021

FTX tahun ini mendapatkan perhatian luar biasa, utamanya dengan kemitraan yang dilakukan. FTX melakukan kesepakatan  olahraga, menawarkan derivatif kepada pelanggan A.S. dan membuat kemajuan dengan regulator, dan kesulitan perusahaan yang berkembang.

Golden State Warriors dan Miami Heat NBA, tim Mercedes AMG Petronas F1, International Cricket Council, Major League Baseball, tim esports TSM, dan Riot Games League of Legends Championship Series sekarang disponsori oleh atau bermitra dengan FTX.

Tokoh terkemuka seperti pitcher Los Angeles Angels Shohei Ohtani, quarterback Tampa Bay Buccaneers Tom Brady, dan point guard Golden State Warriors Steph Curry semuanya telah menjadi investor dan duta untuk perusahaan.

Tujuan kemitraan ini menurut CEO FTX, Sam Bankman Fried adalah untuk mempromosikan nama FTX. Namun ini hanya sejumlah langkah kecil yang diambil untuk masa depan FTX yang lebih besar.

“Saya pikir itu sedikit mengejutkan betapa banyak fokus yang ada pada kemitraan,  yang kami sangat senang adalah kemajuan regulasi yang dibuat FTX tahun ini,” kata Bankman Fried dikutip dari Decrypt.

FTX US saat ini memiliki valuasi $32 miliar pada awal Desember. Pertukaran miring telah menjadi raksasa derivatif yang kedua setelah Binance, investor FTX awal yang dibeli Bankman-Fried pada bulan Juli.

Pada 20 Desember, FTX memiliki $7,5 miliar dalam kontrak open interest dibandingkan dengan Binance yang $10,4 miliar menurut CoinGecko. 

Melihat segala pencapaian FTX  tahun ini, tidak bisa dilepaskan peran Sam Bankman Fried sebagai CEO yang memiliki komitmen penuh untuk mengenalkan crypto semakin luas.

Mengenal Sam Bankman Fried

Sam Bankman-Fried dibesarkan di Bay Area San Francisco dan menempuh pendidikan di Massachusetts Institute of Technology dan akhirnya bekerja di perusahaan perdagangan quant Jane Street di New York pada tahun 2014.

SBF merupakan seorang altruis yang percaya pada penggunaan bukti dan penelitian untuk menemukan cara yang paling berdampak untuk membantu orang lain. Tapi pertunjukan di organisasi nirlaba itu tidak cocok.

Pada 2017 Bankman-Fried mendirikan perusahaan perdagangan crypto Alameda Research. Dua tahun kemudian, ia meluncurkan usaha crypto lain: pertukaran derivatif FTX. Perusahaan ini beroperasi di luar Hong Kong hingga September,  dan kemudian pindah ke Bahama yang lebih ramah Bitcoin.

Sebelum besar dengan FTX, Bankman Fried berhasil menyelamatkan SushiSwap. Setelah pendiri bursa yang terdesentralisasi “Chef Nomi,” menguangkan token SUSHI senilai $ 14 juta dan menyebabkan harga token tersebut  jatuh.

FTX Berhasil Raih $10 Miliar Per Hari

Sejak didirikan, Bankman-Fried telah mengembangkan FTX menjadi pertukaran derivatif yang dengan mudah mendapatkan volume $10 miliar per hari, menurut CoinGecko. FTX pun terus mengembangkan platform dan berambisi untuk mendirikan bisnis derivatif di AS.

Bursa ini pun berperan aktif untuk membantu pemerintah merumuskan regulasi AS. Sebelumnya FTX merilis daftar proposal peraturan yang disiapkan Sam Bankman Fried dan tim saat memaparkan pendapat di Kongres AS di Washington pada awal Desember.

 Proposal tersebut merumuskan apa yang dikatakan oleh perusahaan crypto lainnya, ada kebutuhan untuk kejelasan, persyaratan pelaporan untuk platform perdagangan memerlukan pertimbangan teknis khusus, dan perlindungan konsumen tetap menjadi yang terpenting.

Mendorong Legislasi yang Rasional

Area regulasi yang paling mendesak untuk FTX adalah bagaimana anggota parlemen AS memandang derivatif kripto saat mereka terus tumbuh. Pada akhir Agustus, FTX mengumumkan bahwa mereka telah setuju untuk mengakuisisi LedgerX, pertukaran derivatif crypto berlisensi Komisi Perdagangan Komoditas dan Berjangka, dengan harga yang tidak diungkapkan. Kesepakatan itu diselesaikan pada bulan Oktober.

Bankman-Fried mentweet pada saat itu bahwa itu adalah “salah satu pengumuman paling menarik yang pernah kami miliki.”

Tahun depan FTX pun memiliki berbagai rencana menarik, dan SBF memberikan bocoran bahwa akan ada hal yang perlu diantisipasi dari tim produk dan engineering FTX. Apa yang akan dihadirkan bursa ini? Mari kita nantikan tahun depan.

Tahun depan Bankman-Fried mengantisipasi tim engineering dan produk FTX akan lebih menjadi sorotan.

“ Tahun ini kami menghabiskan banyak energi untuk mendapatkan lisensi sebanyak mungkin dan menjalin hubungan konstruktif dengan regulator. Dan saya pikir di sisi produk, akan mulai terlihat di tengah tahun depan,” katanya.


Disclaimer: Platform ini belum terdaftar di BAPPEBTI.

Kami tidak menyarankan trading dan investasi digital asset secara ceroboh. Pastikan Anda sudah mempelajari serta mengetahui dan menerima resiko yang ada.

Semua trading / investasi digital asset harus dilakukan secara mandiri dan tanpa paksaan, serta sebaiknya menggunakan exchange yang resmi terdaftar di BAPPEBTI.

Konten ini bertujuan untuk edukasi, bukan ajakan atau saran legal trading dan investasi.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency