Salurkan Dana Bansos, Kota Erlenbach Gunakan Tezos

Anisa Giovanny

9th August, 2021

Oktober tahun lalu, salah satu kota di Swiss yakni Wetzikon telah menggunakan aplikasi Ecoo untuk mendistribusikan dan abantuan covid kepada penduduknya. Sekarang ada kota lain lagi yang menggunakan aplikasi tersebut dengan tujuan yang sama yakni Kota Erlenbach.

Erlenbach dan Blockchain Tezos

Selama pandemi COVID, bisnis lokal mengalami penurunan penjualan. Untuk mendukung bisnis ini, beberapa pemerintah daerah memilih untuk mendistribusikan bansos berupa dana demi mendukung bisnis lokal.

Namun mendistribusikan bansos berupa dana secara acak tidak menjamin dana akan sampai ke tujuan. Agar hal ini bisa diminimalisir maka Kota Erlenbach memutuskan untuk menggunakan Aplikasi Ecoo, yang dibangun di atas Tezos.

Erlenbach menyediakan 100 franc untuk setiap penduduk Erlenbach yang dapat mereka gunakan untuk berbelanja di toko-toko Erlenbach. Secara total, sekitar 570.000 franc akan diprediksi akan menguntungkan dan mendukung bisnis lokal.

Program impuls diproses melalui Ecoo, platform digital revolusioner untuk transaksi khusus, yang telah memungkinkan program serupa di Kota Wetzikon.

Pada 14 Juni, sekitar 5.600 voucher telah diterbitkan,  150 bisnis pun  telah mengaktifkan dompet untuk memungkinkan pembayaran dengan voucher melalui aplikasi Ecoo, dan lebih dari 9707 transaksi telah dilakukan dengan Ecoo.

“Ide voucher ini datang dari masyarakat. Penting bagi masyarakat untuk membantu bisnis lokal yang menderita akibat pandemi.  Penduduk Erlenbach dapat memutuskan sendiri bisnis mana yang ingin mereka dukung dengan voucher komunitas,” Sascha D. Patak, Walikota Erlenbach.

Mengenal Aplikasi Ecoo yang Membantu di Masa Pandemi

Dengan Ecoo, dana yang dialokasikan dalam hal ini voucher dari Erlenbach  dapat disediakan sebagai kredit di aplikasi smartphone. Penduduk Erlenbach cukup memasukkan 100 franc ke dompet aplikasi Ecoo mereka dengan memindai kode QR.

Bisnis kota kemudian mengumpulkan voucher menggunakan aplikasi Ecoo dan akhirnya dapat mengubah koin yang dikumpulkan kembali ke kota lagi melalui aplikasi  dengan uang sungguhan.

Ecoo dengan demikian memungkinkan siklus tertutup dari “mata uang” khusus yang terdaftar di blockchain Tezos, dalam ekosistem yang terdefinisi dengan jelas, mudah dan aman untuk digunakan.

Platform dan aplikasi ini  dikembangkan oleh tiga mitra DU DA Data & Commtech oleh Farner, Farner Consulting, dan Papers dan didasarkan pada teknologi blockchain dari Tezos. Kasus lain juga dapat digunakan dengan aplikasi Ecooo misalnya pariwisata, acara, festival,hingga asuransi kesehatan.

Blockchain Tezos Mulai Sering Digunakan Pemerintah

Ini adalah aplikasi kelima di Tezos yang digunakan oleh organisasi pemerintah Eropa. Divisi kejahatan dunia maya Gendarmerie (C3N) dari polisi militer Prancis telah menjalankan aplikasi akuntansi di Tezos. Ini adalah validasi besar pertama dari proyek Tezos. Ini menunjukkan jumlah kepercayaan yang dimiliki otoritas dalam keamanan dan pengembangan yang mungkin dilakukan di Tezos

“Pada jenis pembiayaan ini, Europol meminta kami untuk akuntansi yang tepat. Jadi kami menghabiskan uang dan setiap transaksi dimasukkan di blockchain dengan cepat setelah pembelian. Inilah yang memungkinkan kami selanjutnya memiliki pembayaran yang divalidasi oleh Europol” jelas Edouard Klein, manajer proyek R & D di C3N.

Peralihan dari akuntansi pada database tradisional tidak hanya menyederhanakan akuntansi untuk C3N, tetapi juga mengurangi biaya secara drastis. Dimana sebelumnya mereka harus menambahkan 40.- EUR untuk biaya administrasi, biaya ini sekarang dikurangi menjadi beberapa sen.

Aplikasi kedua adalah aplikasi voting digital di 3 kota Prancis. Avosvotes mengembangkan aplikasi untuk memungkinkan pemungutan suara digital untuk otoritas lokal.

Minggu lalu diumumkan bahwa Kota Prancis Neuilly-Sur-Seine Akan Meluncurkan Aplikasi Voting Digital Di Tezos Pada bulan September. Aplikasi ini didasarkan pada karya tingkat akademik Electis, yang telah lama mengerjakan aplikasi pemungutan suara berbasis Tezos. Voting sekarang dapat dilakukan secara digital dan anonim, sambil memastikan verifikasi dari hulu ke hilir.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency