Kota di Prancis akan Luncurkan Aplikasi Voting Digital di Tezos

Anisa Giovanny

26th July, 2021

Bekerja sama dengan Electis, kota Prancis Neuilly-sur-Seine akan meluncurkan aplikasi pemungutan suara digital di Tezos pada bulan September. Aplikasi pemungutan suara “Neuilly Vote” telah dikembangkan selama beberapa bulan dan sekarang dalam tahap pengujian.

Ini akan menjadi aplikasi pemungutan suara internet kota pertama yang aman, anonim, dan mudah digunakan. Dalam melakukan pengujian, para pemilih akan diundang untuk memberikan suara setiap bulan pada proposal program budaya: pilihan film untuk bioskop atau pilihan buku yang dibeli untuk perpustakaan media kota.

Pada fase kedua, platform akan digunakan untuk proyek kota lainnya yang lebih sensitif: renovasi, tanggal penutupan fasilitas umum dan lain sebagainya.

Kode untuk aplikasi “Neuilly Vote” adalah open source dan gratis untuk digunakan oleh kotamadya lainnya. Neuilly-sur-Seine adalah kota pertama yang menggunakan aplikasi ini, tetapi kemungkinan besar akan menyusul jika uji coba terbukti berhasil.

“Ketika mesin demokrasi rusak, kita harus mempertanyakan tawaran politik, tetapi kita juga harus mengembangkan alatnya. Dalam jangka panjang, untuk pemilihan lokal dan nasional, solusi yang lebih sederhana dan lebih cepat yang dapat diakses oleh semua orang ini harus dapat menggantikan sistem pemungutan suara tradisional,” kata  Jean-Christophe Fromantin, walikota Neuilly-Sur-Seine, Prancis

Gilles Mentré, salah satu pendiri Electis, menambahkan:

“Kami senang untuk menyebarkan solusi kami untuk pemungutan suara anonim dan dapat diverifikasi di sebuah kota untuk pertama kalinya. Neuilly-sur-Seine sedang meletakkan kepercayaan yang baru  dan demokrasi yang lebih inklusif dan kreatif.”

Aplikasi Voting Memenuhi Persyaratan

Aplikasi ini didasarkan pada karya tingkat akademis Electis, yang telah lama mengerjakan aplikasi pemungutan suara berbasis Tezos. Voting sekarang dapat dilakukan secara digital dan anonim, sambil memastikan verifikasi ujung ke ujung. Aplikasi Electis telah berhasil diuji oleh 80 universitas global terkemuka.

Adopsi Electis.app menegaskan bahwa solusi e-voting Electis.app memenuhi persyaratan kepercayaan dan kegunaan untuk pemerintah daerah, organisasi, dan nirlaba di seluruh dunia.

Mendukung Electis.app adalah blockchain Tezos dan SDK ElectionGuard sumber terbuka. Hasil pemilihan e-voting di Electis.app, untuk pertama kalinya, direkam secara permanen melalui kontrak pintar di blockchain Tezos, blockchain publik terdesentralisasi yang berkembang dengan meningkatkan dirinya sendiri melalui tata kelola on-chain, menambahkan lebih lanjut tingkat transparansi dan keamanan sistem e-voting.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency