Berita Altcoins · 7 min read

Riset Sebut Solana Seperti “Apple” di Industri Kripto

Solana Apple

Sebuah riset menyebutkan bahwa Solana bagaikan “Apple” di industri kripto. Pernyataan ini didasari oleh pendekatan inovatif Solana dalam menyatukan hardware dan software.


Co-founder Solana, Raj Gokal, sering mengartikulasikan visi Solana sebagai “Apple dari dunia kripto.” Ini menyoroti ambisi untuk berinovasi melalui software (sistem operasi, blockchain) serta pengalaman baru dengan memfasilitasi penjualan hardware (Saga Phone).

Menurut peneliti di Four Pillars, inti utama dari Solana terletak pada kinerja jaringannya, yang didukung oleh multi-threading untuk pemrosesan paralel.

solana
Gambar: Perbandingan kecepatan transaksi. Sumber: Four Pillars.

Keunggulan ini telah menarik developer yang ingin menjelajahi potensi Solana dalam pengembangan dApps. Kemampuannya untuk menawarkan transaksi cepat dengan biaya rendah membuatnya menjadi pesaing menjanjikan dari Ethereum.

Kekuatan lain terletak pada pengembangan komunitas dan ekosistem. Inisiatif seperti airdrop memecoin BONK dan inisiasi memecoin lainnya meningkatkan jumlah dan aktivitas pada jaringan Solana. Hal ini juga dapat membentuk komunitas dan memicu pertumbuhan signifikan dalam ekosistem.

Selain itu, berbagai platform dalam ekosistem Solana seperti Jito, Pyth Network, dan Jupiter telah memberikan alokasi airdrop. Proyek lain dalam ekosistem seperti Tensor, Marginfi, Zeta, Drift Protocol, Kamino dan Parcl juga mengungkapkan rencana terkait airdrop.

Baca juga: Platform Solana Drift Rilis Program Poin, Potensi Airdrop?

Solana Tarik Minat Institusional

Perkembangan ini telah menarik minat institusional seperti komentar positif CEO Ark Invest, Cathie Wood mengenai Solana.

“Solana sedang melakukan perkembangan yang sangat baik. Jika Anda melihat Ethereum, dulu lebih cepat dan lebih murah daripada Bitcoin. Solana lebih cepat dan lebih hemat biaya daripada Ethereum,” kata Wood.

solana
Gambar: Top 5 aset kripto berdasarkan kapitalisasi pasar. Sumber: Coinmarketcap.

Dilihat dari kapitalisasi pasar, Solana (SOL) menempati peringkat empat dari seluruh aset kripto yang ada. Posisi ini berkorelasi kuat dengan Apple yang juga menempati posisi papan atas di sektor saham AS.

Baca juga: Solana Catat Pertumbuhan Signifikan Developer Aktif Bulanan

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.