Berita Blockchain · 8 min read

Solana Catat Pertumbuhan Signifikan Developer Aktif Bulanan

developer Solana

Pertumbuhan harga Solana (SOL) yang naik 800% selama setahun terakhir ternyata juga tercermin pada meningkatnya minat developer di blockchain Solana.

Berdasarkan laporan Solana Foundation, jumlah developer Solana, sejak peluncuran mainnet beta pada bulan Maret 2020, telah meningkat pesat menjadi yang terbesar kedua dalam hal total pengembang aktif bulanan sebanyak 2.500-3.000 orang. Pada tahun 2023, tingkat retensi developer dalam ekosistem meningkat dari 31% menjadi lebih dari 50% hanya dalam tiga bulan. 

Gambar: Retensi developer di Solana. Sumber: Solana Foundation.

Solana Foundation mengungkapkan bahwa penilaian tingkat retensi secara khusus menargetkan pengembang yang secara konsisten membuat setidaknya satu komitmen selama tiga bulan berturut-turut.

Tercatat sudah ada 400-500 pengembang di Solana dengan level senior telah menyelesaikan berbagai kamp pelatihan dan memasuki ekosistem setiap enam bulan. 

Baca juga: Solana Bersinar di 2023, Begini Prediksi Harga SOL 2024

Faktor Peningkatan Developer di Solana

Faktor pendukung meningkatnya jumlah developer di Solana adalah inisiasi edukasi mengenai bahasa pemrograman dan tools yang ada di blockchain Solana, aktif menjalankan atau mendanai berbagai inisiatif termasuk Solana Hackathons, Solana Hacker Houses, Breakpoint, bootcamp pendidikan, dan dukungan untuk acara universitas.

Solana Hackathon menjadi salah satu program besar yang diadakan enam bulan sekali untuk menggaet developer bertalenta ke Solana. Hackathon terbaru Solana Foundation, Hyperdrive, menghadirkan 151 negara sebagai peserta. Dari jumlah tersebut, peserta dari 65 negara membuat pengajuan akhir.

Secara historis, Amerika Serikat adalah negara yang paling banyak terwakili dalam Solana Hackathons, diikuti India. Dalam beberapa tahun terakhir, jumlah peserta hackathon di luar Amerika Serikat telah meningkat secara signifikan, dari 76% pada tahun 2021 menjadi 91% di Hyperdrive. 

Komunitas pengembang telah menjadi fokus prioritas di negara-negara dengan banyak talenta teknik, seperti India, Jerman, Tiongkok, Inggris, Turki, dan Vietnam. Negara-negara yang harus diwaspadai pada tahun mendatang termasuk Brazil dan Amerika Latin secara lebih luas, Jepang, Perancis,  dan Nigeria. 

“Kami berharap Solana Hackathon dapat menjadi indikator utama kesehatan ekosistem developer. Ada delapan hackathon yang disponsori Solana Foundation sejak tahun 2020. Selama tiga tahun terakhir, lebih dari 3000 proyek telah diluncurkan dan lebih dari $600 juta pendanaan telah dikumpulkan untuk proyek-proyek yang diajukan ke hackathon,” tulis laporan Solana Foundation. 

Baca juga: Valuasi Solana (SOL) Nomor 4, Salip BNB dan XRP

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.