Berita Regulasi · 7 min read

Rencana Dolar Digital The FED Ditentang Senator AS

CBDC Dolar Digital

Lima senator mengajukan aturan yang menuntut larangan CBDC, mengakibatkan Rencana Federal Reserve (The Fed) untuk penerbitan dolar digital di Amerika Serikat menjadi sulit.


Lima senator Amerika Serikat menentang rencana administrasi Joe Biden untuk menerbitkan dolar digital, mereka menandatangani legislasi yang menuntut larangan terhadap CBDC.

Pada 26 Februari 2024, Senator AS Ted Cruz bersama Senator Bill Hagerty, Rick Scott, Ted Budd, dan Mike Braun, memperkenalkan Undang-Undang Anti-Surveilans Negara CBDC.

cbdc
Gambar: Legislasi pelarangan CBDC di AS. Sumber: Senat AS

Undang-undang ini menantang otoritas The Fed untuk menerapkan CBDC. Para senator khawatir CBDC akan diprogram untuk mengawasi warga dan melanggar kebebasan. Senator Scott dan Budd menyoroti perlunya melindungi privasi keuangan warga AS.

“CBDC akan membuka pintu bagi pemerintah untuk mengawasi dan mengendalikan kebiasaan pengeluaran semua warga Amerika. Setiap dorongan untuk mendirikan CBDC harus dihadapi dan dihentikan, dan itulah sebabnya saya bergabung dengan upaya Senator Cruz untuk melakukannya.”

Baca juga: IMF Desak Negara di Dunia Lebih Proaktif dengan CBDC

CBDC Digambarkan Sebagai Uang Terprogram

Pengumuman Cruz tentang pengajuan legislasi tersebut menggambarkan CBDC sebagai “uang yang diprogram oleh pemerintah” yang dapat mengumpulkan detail pribadi tentang warga dan potensial untuk melacak dan membekukan dana atas alasan apa pun.

Selain dukungan dari lima senator, legislasi tersebut juga didukung oleh lima asosiasi, yaitu Heritage Action for America (HAFA), Asosiasi Blockchain, American Bankers Association (ABA), Independent Community Bankers Association (ICBA), dan Club for Growth (CFG).

Di sisi lain, mantan Presiden Donald Trump, yang mencalonkan diri untuk pemilihan presiden tahun 2024, telah berjanji tidak akan pernah mengizinkan pembentukan CBDC.

Baca juga: Filipina akan Luncurkan CBDC Tanpa Blockchain

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.