Relation One Gunakan Crust untuk Penyimpanan Lebih Aman

Anisa Giovanny

1st April, 2022

Tim Relation Labs akan menggunakan layanan API penyimpanan data Crust Network untuk mengakses DApp Social Relation One.

Dengan bermitra dengan Crust, gambar dan video dari Relation One akan terunggah di jaringan IPFS dan ini memastikan penyimpanan data yang lebih stabil dan aman.

Relation One aslinya IC one sendiri merupakaan DApp sosial yang ditujukan untuk pengalaman pengguna, DApp sosial satu platform yang mendukung obrolan P2P dengan teman-teman on-chain, memungkinkan pengguna membuat obrolan grup, dan melakukan tata kelola Dao.

Saat ini platform tersebut bisa login melalui dompet MetaMask atau IC Identity dan diharapkan dapat membuka portal login untuk dompet Polkadot secara bersamaan pada akhir Maret.

Apabila ini berlangsung sukses maka pengguna Web3 dapat memperoleh cara yang lebih beragam di ruang obrolan dan meningkatkan pengalaman dalam menggunakannya.

Baca juga: Crust dan Crab Bawa Web3 ke Ekosistem Kusama

Kebutuhan Relation Labs Akan Semakin Meningkat

Karena semakin banyak DApps yang beralih ke skenario multi-chain, kebutuhan penyimpanan data Relation Labs akan meningkat secara signifikan di masa mendatang.

Jaringan penyimpanan terdesentralisasi yang disediakan oleh Crust Network akan memastikan kebutuhan penyimpanan data Relation.

Relation Graph (awalnya Grafik IC) adalah mesin inti yang mendasari proyek dan berjalan melalui implementasi dukungan Relation One. Ini adalah basis data grafik yang diimplementasikan Rust yang memungkinkan kueri data Relation yang efisien.

Relation Graph juga mendukung layanan data seperti rekomendasi relasional N-degree, berlangganan konten, business intelligent, dan prediksi tren perilaku.

Dengan database grafik yang mereka miliki, maka dapat dilakuka penyimpanan data sosial-relasional dalam jumlah besar yang terus-menerus, dan mendukung penambangan data melalui kueri pernyataan SPARQL, yang juga merupakan kunci untuk menerapkan layanan rekomendasi.

Berdasarkan capaian teknis yang telah diselesaikan, Relation juga akan berencana untuk membangun satu set Pallet basis data grafik berbasis Substrat sehingga pengembang yang mendukung ekosistem Polkadot dapat dengan cepat melakukan pembacaan data mendalam yang efisien melalui protokol SPARQL.

Kemajuan Pesat Crust Network

Sebagai jaringan penyimpanan terdesentralisasi untuk Web3, Crust Network telah membuat kemajuan besar dalam waktu singkat setelah mainnet online. Saat ini, jumlah file yang tersimpan di Crust telah mencapai 300.000.

Jaringan Crust diimplementasikan berdasarkan TEE dan memiliki keunggulan enkapsulasi yang lebih cepat, biaya yang lebih rendah, redundansi data yang lebih tinggi, dan desentralisasi lengkap berdasarkan IPFS.

Kedua, Crust pun ramah terhadap developer dan menyediakan seperangkat alat untuk developer yang memungkinkan mereka mengintegrasikan solusi penyimpanan terdesentralisasi Crust dengan cara yang sangat sederhana.

Dengan cara ini, Crust telah berkembang pesat di ekosistem Web3, dan DEX, NFT, SocialFi, DID, dan proyek trek lainnya telah bekerja sama.

Baca juga: Apa itu Crust? Panduan Lengkap untuk Pemula

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency