Berita Blockchain · 8 min read

Rekor Penjualan Karya Seni $318 Juta pada Blockchain di Balai Lelang Christie’s

Sebuah pencapaian dalam penggunaan blockchain telah terjadi berupa pencatatan bersejarah dari penjualan karya seni yang memecah rekor, dalam blockchain.

Pada 13 November, penjualan koleksi Barney A. Ebsworth di rumah lelang ternama Christie’s di New York mencapai total $317.801.250. Penjualan ini menjadi lelang seni paling berharga yang pernah dilakukan dalam blockchain. Tertulis dalam siaran pers mengenai lelang tersebut, Christie’s mengungkap bahwa lelang ditangani bersama dengan penyedia teknologi yang fokus pada seni, Artory, menggunakan blockchain mereka yang terdaftar untuk menyimpan informasi lelang.

Angka Penjualan yang Memecah Rekor

Pada penjualan malam ini, terdapat beberapa rekor penjualan untuk karya seni Amerika. Setidaknya terdapat tiga belas rekor lelang yang terjadi, dengan karya seni Edward Hopper berjudul Chop Suey mengambil tempat pertama sebesar $91.875.000. Peserta-peserta lelang berasal dari 23 negara yang menawar untuk koleksi seni yang dikurasi oleh kolektor ternama Barney A. Ebsworth, yang memiliki karya seni dari seniman terkenal seperti Jackson Pollock, William de Kooning, Charles Demuth, dan Georgia O’Keeffee.

Artikel terkait: Rumah Pelelangan Seni Adopsi Blockchain

Secara keseluruhan, terdapat 42 karya seni yang dilelang, dengan implementasi blockchain Ethereum privat mencatat semua detil penjualan. Blockchain yang dikenal sebagai The Registry mencatat semua informasi signifikan dari sebuah karya seni seperti penjualan, harga akhir, tanggal lelang, nama karya, daftar restorasi dan pencurian. Informasi yang tidak tersimpan adalah identitas pemilik, yang memastikan bahwa privasi para kolektor seni dan investor sangat dihormati.

Pada prosesnya, semua pembeli prospektif memiliki rekaman digital yang aman dan kekal serta sejarah karya seni yang mereka beli. Hal ini memastikan bahwa mereka tidak kehilangan uang dengan membeli karya seni palsu. Setiap karya seni terjual, sebuah sertifikat digital akan terbuat, yang meningkatkan jaminan pembeli dan membantu Christie’s memastikan bahwa hanya karya seni asli yang dilelang dalam premisnya.

Pada Oktober, Christie’s mengumumkan kerjasama dengan Artory untuk mendaftarkan penjualan karya seni dan meningkatkan transparansi dalam karya seni dan ruang lelang yang bisa dikoleksi. Menurut informasi yang diungkapkan pada saat itu, penjualan koleksi Barney A. Ebsworth diharapkan mencapai lebih dari $300 juta yang akan menjadi implementasi pertama dari kerjasama tersebut. Rumah lelang berusia 252 tahun ini ingin membangun performa impresif pada 2018 karena pada tengah tahun pertama telah melakukan lelang seni mencapai $4.04 miliar.

Pada Kamis (22/11), sebanyak 49 karya seni dari koleksi Barney A. Ebsworth, dijelaskan sebagai ‘koleksi privat paling penting bagi Seni Amerika Abad Ke-20’, akan disiapkan untuk lelang, dengan solusi pencatatan blockchain dari Artory akan kembali digunakan.

Sumber: CCN

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Naufal Muhammad

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.