Berita Bitcoin · 6 min read

Rekap Kabar Pasar Crypto Selama Oktober 2021

Oktober merupakan bulan pemulihan yang cukup signifikan untuk crypto akibat banyaknya sentimen positif terutama untuk Bitcoin.

Sayangnya apresiasi ini belum mendorong mayoritas altcoins dengan kapitalisasi pasar besar untuk naik bersama Bitcoin.

Tapi beberapa altcoins dengan kapitalisasi pasar kecil terlihat mengalami apresiasi yang cukup tinggi.

Kondisi ini berhasil mendorong beberapa investor berisiko tinggi untuk merasakan keuntungan.

Terlihat dari penjelasan tersebut bahwa Oktober merupakan bulan yang volatil walau relatif positif. Terdapat tiga hal utama yang menyebabkan kondisi volatilitas ini.

Peluncuran Bitcoin ETF

Pertama adalah Bitcoin ETF yang membuat harga Bitcoin mengalami apresiasi sekitar 63,48% sejak awal Oktober hingga pertengahan Oktober 2021.

Bitcoin ETF merupakan jenis aset keuangan yang dapat disandingkan dengan Reksadana Bitcoin dimana Bitcoin yang dibeli dikelola oleh manajer investasi.

Saat ini yang sudah diterbitkan dan telah disetujui pemerintah adalah Reksadana Bitcoin Futures di Amerika. Penerbitnya adalah ProShares, salah satu perusahaan keuangan di Amerika.

Reksadana ini memiliki aset yang mendasari berupa Bitcoin Futures, sehingga bukan didasari oleh Bitcoin itu sendiri.

Aset ini bernama BITO dan telah resmi diperdagangkan pada Bursa Efek New York (NYSE) dan diperdagangkan di harga $38 pada 28 Oktober 2021.

Pada hari perdagangan pertamanya BITO mendapatkan volume sebesar $1 Miliar. Volume ini merupakan pencapaian besar dibanding perdagangan awal efek lainnya.

Saat permintaan terhadap BITO mengalami apresiasi, secara langsung lembar aset Kontrak Futures Bitcoin juga mengalami peningkatan.

Saat Kontrak Bitcoin Futures mengalami peningkatan dalam permintaan, permintaan terhadap Bitcoin juga meningkat akibat Kontrak Futures Bitcoin juga didasari oleh Bitcoin.

Sehingga walau tidak langsung, BITO mempengaruhi Bitcoin. Untuk saat ini, investor crypto sedang menunggu persetujuan dari ETF Bitcoin yang didasari Bitcoin asli.

Walau belum terdapat kelanjutan di Amerika, kondisi ini telah berhasil meningkatkan harga Bitcoin dan menjadi salah satu kabar terbesar di Oktober 2021.

Blockchain 3.0 Ramah Lingkungan Naik Daun

Selain Bitcoin, terdapat beberapa altcoins yang mengalami apresiasi namun dengan kapitalisasi pasar yang masih relatif kecil.

Beberapa crypto tersebut adalah crypto yang memiliki blockchain pribadi dan dianggap sebagai blockchain generasi ketiga.

Blockchain generasi ketiga ini adalah blockchain dengan mekanisme konsensus yang berbeda dari Proof of Work oleh Bitcoin dan Proof of Stake versi lama.

Beberapa crypto dengan blockchain ini dianggap berada di generasi ketiga akibat mekanisme konsensusnya yang lebih efisien dan lebih cepat.

Blockchain yang lebih efisien ini bermaksud memiliki penggunaan energi yang lebih efisien sehingga butuh biaya dan energi listrik yang lebih kecil.

Lebih cepat, bermaksud memiliki kecepatan validasi transaksi per detik yang lebih dari beberapa blockchain lama, sehingga perpindahan dana terjadi lebih cepat.

Contoh crypto blockchain ini adalah Harmony (ONE), Algorand (ALGO), Cosmos (ATOM), Fantom (FTM), Hedera (HBAR), Terra (LUNA), dan beberapa lainnya.

Mayoritas blockchain ini melakukan pembaruan jaringannya dan membuat harganya mengalami apresiasi yang signifikan.

Hal ini disebabkan pembaruan tersebut mendorong kecepatan transaksi untuk meningkat dan juga membuat penggunaan energi menjadi lebih efisien.

Pembaruan-pembaruan di Oktober tersebut berhasil mendorong beberapa crypto ini untuk naik hingga lebih dari 70% dalam sekitar satu bulan.

Persaingan Dogecoin dan Shiba Inu

Apresiasi ini juga diikuti oleh beberapa crypto dengan kapitalisasi pasar yang lebih kecil, contohnya adalah Shiba Inu (SHIB).

SHIB berhasil membuat kejutan kepada pasar crypto akibat apresiasi harganya dan kapitalisasi pasarnya yang naik.

Harga SHIB berhasil naik sekitar 900% sejak awal Oktober 2021 dan kapitalisasi pasarnya telah mencapai $40,88 Miliar.

Kondisi ini telah berhasil membuat peringkat SHIB naik mengalahkan Dogecoin (DOGE) dan membuat reputasi pembunuh Dogecoin menjadi kenyataan.

Pada 28 Oktober 2021, SHIB berada di peringkat 9 pada peringkat kapitalisasi pasar crypto secara menyeluruh.

Kabar ini menjadi salah satu kabar utama yang terjadi di Bulan Oktober 2021 bersama dengan banyaknya crypto “micin” yang naik signifikan.

Beberapa crypto jenis ini mengalami apresiasi sebesar 1.000% hingga 1.000.000% dan berhasil membuat banyak investor untung.

Tapi apresiasi ini juga berhasil membuat banyak investor mengalami kerugian sehingga perlu diingat untuk tidak FOMO.

Apresiasi ini juga membuat fenomena besar yang membuat Bulan Oktober 2021 bergerak relatif secara positif.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Naufal Muhammad

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.