5 Crypto dengan Kabar Potensial di Akhir Bulan Oktober FIRO, ICX, VET, GHST, CSPR

Naufal Muhammad

25th October, 2021

Saat ini pasar crypto sedang mengalami volatilitas yang cukup signifikan akibat sedang bergerak menuju akhir bulan.

Umumnya pada akhir bulan terdapat beberapa hal yang dapat membuat pergerakan crypto turun seperti kedaluwarsa beberapa kontrak derivatif.

Namun, Bitcoin mengalami apresiasi di awal pekan yang membuat adanya harapan bahwa beberapa crypto dapat bergerak naik.

Beberapa crypto ini kemungkinan besar adalah crypto yang memiliki kabar positif. Dalam artikel ini akan diberikan analisis mengenai lima crypto dengan kabar positif di pekan ini.

Firo (FIRO)

Pertama adalah Firo yang dikabarkan akan mengalami pembaruan jaringan pada 26 Oktober 2021 untuk mempercepat jaringannya.

Akan ada dua hal baru dalam pembaruan ini, yaitu fitur baru bernama InstantSend dan juga hard fork menuju Proof of Work baru.

Firo merupakan sebuah jaringan yang bergerak fokus untuk menjadi wadah sistem pembayaran, dan saat ini ia akan melakukan hard fork.

Hard fork ini adalah pembaruan untuk mengadopsi mekanisme Proof of Work baru untuk meningkatkan kecepatan jaringan.

Selain itu akan ada fitur InstantSend yang berguna untuk mempercepat perpindahan dana dan sekaligus menjaga keamanan dana pengguna.

Kedua kabar ini dapat membuat sentimen positif untuk FIRO yang sudah bergerak positif dalam beberapa hari terakhir.

Dari sisi teknikal, terlihat bahwa FIRO mengalami pergerakan yang positif sejak beberapa hari terakhir, dan kabar ini dapat mendorongnya lebih tinggi.

Grafik Harian FIROUSD

Kemungkinan besar selama batas bawah pada $8.25 masih dapat terjaga, FIRO dapat naik menuju $12 hingga $14 selama zona apresiasi terjaga.

Icon (ICX)

Selanjutnya adalah Blockchain Icon yang dikabarkan akan mengalami peluncuran jaringan barunya yaitu Mainnet versi 2.0.

Dikabarkan bahwa peluncuran tersebut akan terjadi pada 26 Oktober 2021 dan akan diluncurkan dalam bentuk hard fork.

Untuk saat ini developer Icon telah melakukan uji coba yang kuat dan terlihat sudah akan siap untuk meluncurkan jaringan barunya.

Uji coba ini telah berjalan selama dua pekan terakhir dan terlihat memiliki hasil yang positif terutama dalam fitur interoperabilitasnya.

Hard fork ini akan mendorong fitur interoperabilitas tersebut akibat fitur tersebut adalah tujuan utama dari penciptaan Icon.

Icon juga ingin memberikan blockchain terbuka yang cepat dan juga efisien sehingga dapat mempermudah peluncuran smart contracts.

Oleh karena itu hard fork ini kemungkinan besar akan menjadi sentimen positif akibat dapat mengundang lebih banyak volume transaksi ke dalam jaringannya.

Dari sisi teknikal, terlihat bahwa ICX sedang bergerak keluar dari pergerakan menurun dan sedang berusaha untuk naik.

Grafik Harian ICXUSD

Selama masih menjaga batas bawah pada $1.9 kemungkinan besar ICX dapat naik menuju $2.5 hingga $2.74 dalam beberapa hari ke depan.

Vechain (VET)

Ketiga adalah Vechain yang dikabarkan juga akan melakukan pembaruan jaringan untuk meningkatkan efisiensi penggunaan energi.

Dikabarkan bahwa pembaruan ini akan terjadi pada 31 Oktober 2021 setelah melalui tahap pemungutan suara oleh pengguna jaringan.

Tujuan dari pembaruan ini selain untuk efisiensi energi adalah untuk meningkatkan kecepatan validasi transaksi.

Walau Vechain masih tidak terdesentralisasi secara penuh namun fitur kecepatan transaksi dan efisiensi energi masih tetap dibutuhkan.

Sebab walau masih semi terpusat, efisiensi dan kecepatan masih dibutuhkan akibat Vechain masih menggunakan teknologi jaringan ledger pada umumnya.

Selain itu Vechain dikabarkan akan mengalami kerja sama terkait ranah Non Fungible Token (NFT) namun masih dalam ranah rantai pemasokan.

Dua kabar ini kemungkinan besar dapat meningkatkan volume transaksi pada Vechain dan secara langsung meningkatkan kebutuhan terhadap VET.

Oleh karena itu kondisi ini dapat mendorong VET naik lebih tinggi melihat juga jumlah persediaannya yang masih terbatas.

Dari sisi teknikal, terlihat bahwa VET sedang berusaha keluar dari pola segitiga simetris besar dan kemungkinan akan koreksi sebelum naik.

Grafik Harian VETUSD

Kemungkinan besar VET akan koreksi menuju $0.115 sebelum naik hingga menuju $0.19 selama batas bawah di $0.0.09 dapat terjaga.

Aveegotchi (GHST)

Berikutnya adalah Aavegotchi yang dalam sejak Agustus 2021 sedang mengalami beberapa acara untuk meramaikan jaringannya.

Dikabarkan bahwa tanggal 26 Oktober 2021 akan ada acara baru yaitu peluncuran acara bernama Rarity Farming yang akan masuk ke tahap kedua.

Rarity Farming adalah cara Aavegotchi untuk memberikan imbalan kepada pemain permainan pada jaringannya dengan cara mencari dan membesarkan karakter Aaavegotchi langka.

Acara ini dapat membuat volume Aavegotchi karena lebih besar terutama karena adanya hadiah sebesar $3 Juta dalam bentuk GHST.

Melihat permainan yang juga membutuhkan GHST untuk bermain, kemungkinan permintaannya juga akan naik yang dapat mendorong harganya naik.

Dari sisi teknikal, terlihat bahwa GHST sedang bergerak naik dan kemungkinan dapat bergerak naik terutama akibat banyaknya acara dalam permainannya.

Grafik Harian GHSTUSD

Kemungkinan GHST dapat naik hingga $2.2 setelah koreksi menuju sekitar $1.8 hingga $1.7 selama zona apresiasi masih terjaga.

Apresiasi ini harus menjaga batas bawah pada $1.6, yang jika ditembus dapat mengurangi potensi apresiasi ke depannya.

Casper (CSPR)

Terakhir adalah Casper yang terlihat akan mengalami pembaruan jaringan versi 1.4 pada 28 Oktober 2021.

Blockchain ini akan mengalami pembaruan dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi dari node atau validator.

Tujuan akhirnya adalah untuk meningkatkan kecepatan transaksi dan juga meningkatkan efisiensi penggunaan energi jaringan.

Kabar ini banyak menarik perhatian dari investor terutama dari komunitas Casper sendiri, akibat dapat meningkatkan volume transaksi.

Volume transaksi yang akan naik ini disebabkan oleh potensi meningkatnya proyek yang akan masuk ke dalam ekosistem Casper.

Dari sisi teknikal, terlihat bahwa CSPR sedang berusaha untuk keluar dari zona segitiga menurun. Jika berhasil melewati $0.1129 kemungkinan CSPR dapat terus naik.

Grafik Harian CSPRUSD

Target selanjutnya kemungkinan besar berada pada $0.1377 hingga $0.1752 selama batas bawah pada $0.1031 terus terjaga.

*Disclaimer

Artikel ini merupakan pandangan pribadi penulis dan bukan saran atau ajakan untuk investasi atau trading. Risiko ditanggung masing-masing.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.