Berita Blockchain

Pundi X Luncurkan Smartphone Berbasis Blockchain

Pagi tadi, Rabu 10 Oktober 2018 dalam event X Blockchain Summit di Bali, Pundi X melakukan demonstrasi panggilan telepon pertama di dunia menggunakan blockhchain melalui produk smartphone pertamanya X Phone. X Phone merupalan sebuah smartphone berbasis blockchain buatan Pundi X sendiri yaitu Function X atau F(x).

smartphone X Phone bekerja pada platform F(X)

Tidak seperti smartphone pada umumnya, X Phone menjadi sesuatu yang unik karena tidak memerlukan jaringan penyedia layanan mobile. X Phone bekerja pada penemuan Pundi X lainnya yaitu Blockchain Function X atau F(X). Meskipun begitu, smartphone berbasis blockchain F(X) ini tetap dapat digunakan untuk berbagai fungsi smartphone pada umumnya termasuk panggilan telepon.

X Phone beroperasi dengan F(X) OS yang berdasarkan Android OS 9.0, sehingga kompatibel dengan berbagai aplikasi android. Bagi para pengguna dan juga developers dapat dengan mudah beralih ke platform F(X) karena pengalaman dan pengetahuan menggunakan perangkat android dapat pula diterapkan pada F(X).

Artikel terkait: Mengenal Function X, Platform Blockchain Buatan Pundi X!

Dalam ekosistem F(X) untuk terhubung ke internet menggunakan sistem yang berbeda dari protokol http. F(X) OS, F(X) Chain, F(X) FXTP, F(X) Docker, dan F(X) IPFS, untuk memberikan layanan jaringan internet yang terdesentralisasi. Hal ini berarti Pundi X tengah membangun internet yang  terdesentralisasi dengan seluruh perangkat dalam ekosistem F(X) akan menjadi sebuah node. Sehingga masing-masing memiliki address dan private key  yang tehubung dengan node names, tidak seperti URL dan IP address tradisional.

node name system dalam smartphone X Phone

Selain smartphone, Pundi X memiliki sistem Point of Sales berbasis blockchain yaitu XPOS, yang merupakan salah satu node dalam ekosistem F(X). XPOS kini sudah didistribusikan ke berbagai negara termasuk, Inggris, Indonesia, Korea, Swiss, Singapura, dan Hong Kong. Pundi X juga telah menjalin kerja sama dengan Pemerintah Dubai dan Ebooc Fintech & Loyalty Labs LLC, untuk memfasilitasi pembayaran menggunakan mata uang digital di seluruh kota dengan memanfaatkan perangkat XPOS.

Kami yakin Coinvestors pasti excited kan? Sabar ya, karena rencananya Blockchain F(X), FXTP, IPFX, dan XPhone akan diluncurkan pada kuartal kedua tahun 2019.

Sumber: Official Release Pundi X

You may also like