Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Berita Industri · 5 min read

Rahasia Sukses Yuga Labs Dominasi Pasar NFT

Yuga Labs

Perusahaan NFT terkemuka Yuga Labs kini telah tumbuh pesat dan digadang menjadi “Disney versi web3”. Belum genap tiga tahun berdiri, Yuga Labs telah menguasai lebih dari seperempat pangsa pasar NFT secara keseluruhan.

Baca Juga: Eksekutif Pepsico dan OpenSea Bocorkan Strategi Pemasaran di Pasar Web3!

Kapitalisasi Pasar dan Dominasi

Menurut laporan DappRadar, Yuga Labs berhasil mencetak kapitalisasi pasar sebesar US$4 miliar (Rp 58,67 triliun). Angka tersebut merupakan 34% dari total pangsa pasar NFT. Namun, kapitalisasi pasar Yuga Labs menurun sebesar 50,62% jika dibandingkan dari tahun 2022 ke kuartal pertama tahun 2023.

Pada tahun 2022, Yuga Labs memiliki nilai total kapitalisasi pasar mencapai US$8,1 miliar (Rp118,040 triliun). Angka tersebut merupakan 43% dari kapitalisasi pasar 100 koleksi NFT teratas di Ethereum.

Proyek Yuga Labs yang Sukses Besar

Meskipun kapitalisasi pasar Yuga Labs mengalami penurunan tipis, dominasi Yuga Labs tidak bisa dianggap sebelah mata. Banyak proyek-proyek yang dihasilkan Yuga Labs laris di pasar.

NFT

Yuga Labs berhasil merilis 16 koleksi NFT yang sukses besar, termasuk Bored Ape Yacht Club dan CryptoPunks. Bored Ape Yacht Club (BAYC) dan CryptoPunks merupakan dua koleksi NFT dengan harga dasar tertinggi di industri ini, dengan harga masing-masing 51,45 ETH dan 49,49 ETH.

Koleksi NFT BAYC bahkan sempat menarik perhatian banyak tokoh dan selebriti dunia seperti Post Malone, DJ Steve Aoki, penyanyi rapper Snoop Dogg, dna YouTuber Logan Paul.

Sedangkan koleksi NFT metaverse Otherdeed for Otherside memimpin dalam hal volume perdagangan selama dua kuartal terakhir, yaitu sebesar US$322 juta dan harga rata-rata penjualan US$3.112 per NFT.

Tak sampai di situ, bahkan kapitalisasi pasar token BAYC, yaitu APE, berhasil mencapai US$1,48 miliar, menjadikannya sebagai token game terkemuka.

Pencapaiannya yang luar biasa dapat dilihat dari perbandingannya dengan perusahaan game Web2 besar seperti Ubisoft dan Square Enix. Masing-masing nilainya hanya mencapai US$3,46 miliar dan US$6 miliar.

Baca Juga: Madonna Beli NFT Bored Ape Seharaga 560 Ribu Dollar

Permainan Berbasis NFT atau Metaverse

Yuga Labs memiliki 3 proyek yang berkaitan dengan gim berbasis metaverse atau pun NFT, yaitu Otherside, Legend of the Mara, dan Dookey Dash.

Otherside telah dilakukan uji coba kedua (25/3), sebanyak 7.200 pemain berpartisipasi. Volume perdagangan Otherside mencapai $1,42 miliar (600.936 ETH). Proyek tersebut menarik perhatian karena rancangan gamifikasi yang ambisius dan koneksi strategis dengan Animoca Brands.

Selanjutnya, Yuga Labs merilis game Legends of the Mara (28/3), sebuah game strategi 2D berbasis koleksi yang membutuhkan setidaknya satu Otherdeed, Koda, dan Mara untuk dimainkan.

Sejak gim tersebut diluncurkan, volume penjualan NFT Otherside Vessels dan Otherside Koda masing-masing telah mencapai US$6,32 juta dan US$6,77 juta.

Tak ketinggalan, Yuga Labs juga meluncurkan meluncurkan gim Dookey Dash (18/1). Untuk berpartisipasi dalam permainan, pengguna membutuhkan Sewer Pass di dompet kripto.

Awalnya, pemegang NFT BAYC dan Mutant Ape Yacht Club (MAYC), diberikan kesempatan memainkan secara gratis. Setelah berkembang, gim tersebut menghasilkan US$113,8 juta dalam volume perdagangan di pasar NFT sekunder.

Lebih dari 25.000 pemegang Sewer Pass telah mengumpulkan 7,5 juta Dookey Dash, dengan rata-rata pemain menghabiskan hampir 28 jam per Sewer Pass.

Gim ini membantu memperluas ekosistem BAYC sebesar 40% dan pengalaman pencetakan kompetitif berakhir pada 6 Februari.

Kemitraan dengan Merek Besar

Akuisisi Yuga Labs terhadap WENEW dan 10KTF juga mempengaruhi total volume perdagangan mode NFT Q1 2023, dimana 10KTF menyumbang sebesar 74%.

Yuga Labs juga aktif menjalin kerja sama dengan sejumlah merek terkenal. Gucci dan Yuga Labs mengumumkan kerja samanya untuk menampilakan mode digital ke metaverse Otherside Yuga Labs dan koleksi 10KTF-nya (27/3).

Selanjutnya, Yuga Labs juga mengumumkan kolaborasi dengan Puma untuk merilis sepatu kets khusus di bawah merek 10KTF Web3 (25/4).

Tak kalah menarik, Yuga Labs juga terlibat dalam proyek NFT Adidas, Indigo Herz. Proyek ini memberikan akses token-gated ke ALTS oleh pemegang Adidas NFT, termasuk kolaborasi dengan Bored Ape Yacht Club, PUNKS Comic, dan gmoneyNFT.

Rahasia Sukses

Kesuksesan Yuga Labs tak lepas dari keberhasilannya dalam membangun basis komunitas yang kuat.

Perusahaan selalu memberikan nilai pada eksklusivitas daripada aksesibilitas, yang membantu mempertahankan harga dasar yang tinggi dan menarik perhatian para spekulan yang tertarik pada potensi hadiah NFT dan keterampilan game.

Melalui strategi yang terencana dengan baik dan konsistensi dalam memenuhi janji, Yuga Labs telah membangun reputasi sebagai pemain yang dapat diandalkan dan dipercaya di dunia NFT dan kripto.

Bagi investor dan penggemar, penting untuk memperhatikan pendekatan Yuga Labs dan mencari proyek dengan rekam jejak dalam memenuhi janji mereka serta tim yang transparan dan akuntabel.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anggita Hutami

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.