Berita Blockchain · 6 min read

Proyek SUI Ada Potensi Airdrop! Ini Ulasannya

Airdrop SUI

SUI adalah blockchain layer-1 dengan konsensus proof of stake. SUI juga memfasilitasi smart contract yang dibangun berdasarkan bahasa pemrograman Rust-Move. Sekadar info, Move juga digunakan dalam smart contract Aptos.

Baca juga: Mengenal Aptos, Proyek Crypto Baru Saingan Solana

Sama seperti Aptos, SUI juga bermula dari sekelompok karyawan meta eks proyek stablecoin Diem yakni: Evan Cheng, Adeniyi Abiodun, Sam Blackshear, George Danezis, dan Kostas Chalkias. Mereka membangun lembaga yang akan mengerjakan proyek SUI bernama Mysten Labs.

Sampai saat ini, SUI sudah mengantongi pendanaan Seri B sebesar $300 juta yang dipimpin oleh FTX Ventures serta didukung oleh Andreessen Horowitz, Binance Labs, Jump Crypto, dan Coinbase Ventures.

Sejauh ini belum ada diagram alokasi koin SUI dan entitas yang akan menerima koin SUI di awal perilisan koin. Namun, total supply dari koin SUI adalah 10.000.000.000 (10 miliar) koin. Jumlah ini 10 kali lipat dari total supply koin APT.

Koin SUI belum pada tahap perilisan, jadi belum diperdagangkan di mana pun. Namun pada coinmarketcap, SUI sudah ada dalam list untracked yang berarti ketika koin SUI sudah listing maka akan terupdate pada coinmarketcap.

Baca juga: Apa Itu Airdrop? Panduan Cryptocurrency Gratis

Airdrop Koin SUI

Menurut akun twitter airdrop riset ‘Airdrop Official’, airdrop SUI kemungkinan akan terjadi tapi tidak dekat-dekat ini. Akun ini juga menyarankan untuk menjadi early supporter dengan mencoba-coba ekosistem SUI jikalau airdrop benar akan terjadi.

Ekosistem yang dimaksud adalah dApps yang berjalan di blockchain SUI. Beberapa dApss yang bisa dieksplorasi adalah sebagai berikut.

DApps pada Blockchain SUI

Per artikel ini ditulis, sudah ada developer yang mengembangkan dApps (aplikasi terdesentralisasi) pada blockchain SUI namun user baru dapat mengakses dApps melalui jaringan devnet. Berikut beberapa dApps pada blockchain SUI.

Ballast

Ballast adalah inisiatif infrastruktur DeFi yang dibangun di atas Sui, solusi L1 yang akan datang dan dapat diskalakan. Suite DeFi on-chain oleh Ballast memberikan pengalaman kompetitif CEX bagi pengguna DeFi.

Didirikan pada November 2022, Ballast adalah salah satu produk pertama yang menawarkan solusi suite perdagangan lengkap di Sui. Keuntungan dari model suite termasuk pengalaman pengguna yang lebih baik dibandingkan dengan AMM sederhana: likuiditas fleksibel, akses mudah untuk pedagang institusional, verifikasi on-chain yang aman dan transparan, peluang untuk menentukan harga berbagai jenis instrumen, dan interoperabilitas robot perdagangan.

Bluemove

Bluemove adalah NFT marketplace yang awalnya berjalan di atas blockchain Aptos. Bluemove baru-baru ini menambahkan SUI pada jaringan devnet.

Kedepannya, ada kemungkinan Bluemove akan menambahkan jaringan SUI testnet bahkan SUI mainnet ketika mainnet sudah diluncurkan.

Per 25 Oktober 2022, Bluemove mengadakan launchpad NFT dimana user dapat melakukan minting NFT dengan harga sejumlah SUI jaringan devnet. Untuk mendapatkan SUI, terdapat faucet SUI pada web Bluemove.

Gambar: SUI faucet pada Bluemove (button kanan)
Gambar: salah satu launchpad NFT di Bluemove dengan kreator ‘Puke 2 Earn’ dengan harga minting 10.000 SUI

SUI Name Service

SUI Name Service adalah alamat SUI berbentuk shortcut sama seperti Ethereum Name Service (ENS) yang menawarkan alamat ETH dalam bentuk shortcut.

Suiet dan SUI Wallet

SUI Wallet dan Suiet adalah 2 wallet yang mendukung penyimpanan aset SUI. Saat ini baru jaringan testnet dan devnet yang tersedia.

Cara Menggunakan DApps

Airdrop SUI yang diperkirakan tidak terjadi dalam waktu dekat ini

Untuk berpartisipasi dalam menggunakan dApps maka user harus membuat wallet SUI. Terdapat dua wallet SUI yang sering digunakan yakni Suiet dan SUI Wallet. Kedua wallet dapat diunduh melalui ekstensi pada browser.

Gambar: Suiet dan SUI Wallet pada ekstensi browser chrome

Setelah mengunduh ekstensi, lanjutkan membuat wallet dengan mengisi password dan mencatat phrase key kemudian wallet siap untuk digunakan.

DApps pada blockchain SUI diakses dengan cara yang sama pada dApps blockchain lain dengan ‘connect wallet‘ kemudian wallet SUI yang sudah ada pada browser akan memunculkan pop up dan tekan ‘approve‘ untuk melanjutkan akses ke dApps

Disclaimer

Airdrop koin SUI adalah event yang masih dalam status perkiraan dan belum tentu terjadi. Artikel ini hanya bersifat edukatif dalam menyampaikan adanya blockchain baru yakni SUI.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.