Berita Exchange · 6 min read

Yoon Seok-yeol, Presiden Korea Selatan Terpilih yang Pro Crypto

Yoon Seok-yeol, Presiden Korea Selatan Terpilih yang Pro Crypto

Kandidat presiden konservatif Korea Selatan Yoon Seok-yeol telah resmi terpilih sebagai presiden Korea Selatan selanjutnya. 

Menurut BBC, pemilihan kali ini telah menjadi kemenangan kandidat dengan persentase terdekat dengan selisih kurang dari 1%.

Sementara itu sektor cryptocurrency sendiri memainkan peran utama dalam debat pemilihan Presiden Korea Selatan. Yoon-Seok Yeol dan pesaingnya Lee Jae-myung diketahui telah merilis NFT saat masa kampanye.

Baca Juga: Kandidat Presiden Korea Selatan Gunakan NFT untuk Kampanye

Hal tersebut menandakan bahwa masing-masing calon memiliki sikap yang cukup ramah terhadap crypto. Sikap ini bertentangan dengan Presiden Korea Selatan yang masa baktinya berakhir, Moon Jae-in, ia memberikan tindakan keras terhadap bursa crypto tahun lalu.

Sebelum tindakan pemerintah Korea Selatan yang melarang bursa crypto, volume perdagangan di bursa teratas negara itu telah melebihi pasar saham

Tindakan keras terhadap crypto ini pun digunakan oleh para calon presiden yang pro crypto sebagai “senjata” untuk menarik hati pemilih muda yang antusias terhadap cryptocurrency.

Menurut laporan dari outlet berita lokal, kalangan muda di Negeri Gingseng itu telah meninggalkan pekerjaan mereka untuk mengejar trading crypto harian.

Sebaliknya, pasar saham tradisional Korea Selatan masih didominasi empat konglomerat dikenal sebagai “chaebol” yang diyakini banyak orang sebagai koruptor dan memiliki pengaruh politik.

Janji Manis Presiden Yoon Seok-yeol untuk Industri Crypto Korea Selatan

Salah satu sikap pro crypto ini pun ditegaskan oleh Presiden Korea Selatan terpilih, Yoon Seok-yeol.

Ia berbicara di forum aset virtual pada Januari lalu, Presiden Yoon berjanji untuk menderegulasi industri crypto Korea Selatan dengan membangun sikap berpikiran maju pada aset digital untuk generasi selanjutnya.

“Untuk mewujudkan potensi pasar aset virtual yang tidak terbatas, kita harus merombak regulasi yang jauh dari kenyataan dan tidak masuk akal,” katanya.

Presiden Yoon bahkan menyatakan bahwa ia akan membantu menciptakan “unicorn” (startup yang tumbuh bernilai $ 1 miliar atau lebih) terkait teknologi blockchain di Korea Selatan.

Sang presiden terpilih juga berjanji untuk memperkenalkan beberapa bentuk undang-undang yang akan melihat keuntungan crypto yang diperoleh dari aktivitas terlarang dikembalikan kepada para korbannya.

Terpilihnya Yoon Seok-yeol ini pun membuat Icon (ICX), token asli dari blockchain ICON Korea Selatan, melonjak 60% dalam 12 jam terakhir. 

Dengan terpilihanya presiden yang pro crypto, diharapkan Korea Selatan dapat membenahi dan memperjelas regulasi aset crypto sesuai janji Yoon Seok-yeol saat kampanye.

Sementara itu, setidaknya saat ini ada 14 rancangan aturan terkait kripto yang masih dibahas di parlemen Korea Selatan, dan membuat frustrasi banyak orang di industri ini.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Rossetti Syarief

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.