Berita Bitcoin · 8 min read

Presiden Argentina Javier Milei Nyatakan Dukungan Terhadap Bitcoin

Presiden Argentina Javier Milei menegaskan kembali dukungannya untuk menggunakan Bitcoin (BTC) dan mata uang lainnya dalam perekonomian negaranya.

Dalam sebuah postingan X pada 19 Juni 2024, Milei mengumumkan bahwa Argentina akan mendukung kompetisi pasar mata uang, termasuk Bitcoin. Hal ini sebagai tanggapan komentar dari postingan mantan eksekutif VanEck, Gabor Gurbacs, yang menyatakan bahwa “Bitcoin diciptakan untuk semua orang”.

Milei juga menyebutkan bahwa selain Bitcoin, kompetisi ini akan terbuka untuk unit lainnya seperti West Texas Intermediate (WTI) dan British Thermal Units (BTU).

Baca juga: Javier Milei Menang Pemilu Presiden Argentina, BTC Naik ke US$37.000

Kebijakan Kripto di Bawah Kepemimpinan Milei

Dukungan Milei terhadap Bitcoin dan kripto secara umum bukanlah hal baru. Selama kampanye presidennya, ia dengan tegas mengkritik peran bank sentral dan menyebutnya sebagai “penipuan”. Dirinya terus mempromosikan mata uang kripto sebagai alat untuk mengembalikan kendali finansial kepada individu dan sektor swasta.

Milei juga mengagumi kelangkaan Bitcoin yang dianggapnya mampu memberikan stabilitas dan membangun kepercayaan terhadap mata uang kripto terbesar ini.

Terpilihnya Milei pada November 2023 telah membawa harapan baru bagi rakyat Argentina yang tengah menghadapi ketidakstabilan ekonomi dan inflasi yang tinggi. Milei langsung menekankan pentingnya langkah-langkah dan tindakan penghematan yang signifikan untuk menstabilkan perekonomian. 

Kebijakan-kebijakan ini telah menunjukkan hasil yang positif, dengan tingkat inflasi bulanan turun selama lima bulan berturut-turut hingga Mei mencapai angka di bawah 5%, mencatat penurunan drastis dari puncaknya yang berada di atas 25% saat Milei pertama kali menjabat.

Sejak jabatannya juga, Argentina mulai mengakui Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah untuk kontrak dalam negeri. Kebijakan ini diimplementasikan melalui dekrit “Dasar untuk Rekonstruksi Perekonomian Argentina” yang disahkan pada 20 Desember 2023, yang menjadi landasan bagi penggunaan Bitcoin dan mata uang kripto lainnya dalam transaksi resmi di negara tersebut.

Selain kebijakan domestik, Argentina juga memperkuat posisinya dalam ekosistem kripto internasional. Komisi Sekuritas Nasional Argentina (CNV) baru-baru ini menjalin kerja sama dengan Komisi Nasional Aset Digital El Salvador (CNAD). Kolaborasi ini bertujuan untuk mengkaji adopsi Bitcoin dan regulasi kripto secara lebih luas di kedua negara. 

El Salvador mencatat sejarah sebagai negara pertama yang memasukkan Bitcoin sebagai salah satu mata uang resmi sejak 2021. Ini menjadikannya sebagai pelopor dalam pengembangan kripto di dunia.

Baca juga: Argentina Gandeng El Salvador Guna Tingkatkan Adopsi Bitcoin

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Dilla Fauziyah

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.