Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Berita Bitcoin · 8 min read

Dihadang Inflasi, Argentina Terima Bitcoin untuk Pembayaran Kontrak

Presiden Argentina

Argentina, di bawah kepemimpinan Menteri Luar Negeri Diana Mondino, telah mengambil langkah progresif dengan mulai mengakui Bitcoin untuk digunakan sebagai pembayaran kontrak dalam negeri. Kebijakan ini berangkat dari dekrit ‘Dasar untuk Rekonstruksi Perekonomian Argentina’, yang disahkan pada tanggal 20 Desember. 

“Para pihak mempunyai kebebasan untuk menentukan jumlah dan jenis mata uang yang digunakan untuk obligasi atau uang jaminan, serta metode penggantiannya pada akhir sewa,” kata Pasal 1196 keputusan tersebut.

Selain Bitcoin, mata uang kripto lain dan bahkan jenis pembayaran tradisional seperti kilogram daging sapi atau liter susu juga diterima. Ketentuan lain dalam dekrit tersebut memberikan kebebasan kepada individu untuk memilih jenis mata uang yang digunakan – sebagian besar mengacu pada mata uang asing tetapi tidak secara eksplisit menolak kripto.

Baca juga: Javier Milei Menang Pemilu Presiden Argentina, BTC Naik ke US$37.000

Keputusan Saat Argentina Inflasi Tinggi

Dekrit ekonomi ini mengikuti pidato nasional Presiden Argentina Javier Milei, di mana ia menggarisbawahi langkah-langkah untuk mengatasi tantangan ekonomi Argentina. 

Presiden Argentina pernah menyebut Bitcoin sebagai gerakan menuju “pengembalian uang kepada pencipta aslinya, sektor swasta.”

Presiden telah menyatakan pendapat yang baik tentang Bitcoin dalam berbagai wawancara tetapi belum menyarankan untuk menjadikannya alat pembayaran yang sah. Dia juga menyebut Bitcoin sebagai “jawaban alami” terhadap “penipuan” Bank Sentral.

Sementara itu, sikap pro Bitcoin dari Argentina ini datang saat negara tersebut menghadapi inflasi tinggi dan devaluasi mata uang Argentina (ARS) secara signifikan, disertai dengan pengurangan subsidi energi dan transportasi.

Negara tango ini menderita inflasi tahunan sebesar 143%. Selain itu, nilai mata uangnya anjlok dan empat dari sepuluh warga Argentina menjadi miskin.

Baca juga: El Salvador Tawarkan Kewarganegaraan Bagi WNA yang Sumbang Bitcoin 

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.