Berita Altcoins · 6 min read

Prediksi Harga LTC Jelang Litecoin Halving Agustus 2023!

Litecoin Halving

Litecoin halving tahun ini diperkirakan akan berlangsung pada 2 Agustus 2023. Litecoin halving adalah peristiwa pengurangan reward minermenjadi setengah, tahun ini berkurang dari 12,5 LTC menjadi 6,25 LTC.

Momen halving umumnya terjadi empat tahun sekali yang dianggap mampu memberikan dampak positif terhadap harga LTC. Akankah hype seputar LTC halving memberikan dampak positif terhadap harga koin tahun ini? Berikut analisisnya.

Baca Juga: Apa Itu Litecoin Halving? Panduan untuk Pemula!

Siklus Litecoin Halving

Litecoin mengalami halving pertama pada 25 Agustus 2015 dengan harga US$2,86. Namun, setahun setelahnya, tidak ada perubahan signifikan pada harga Litecoin.

Selama bull run, harga Litecoin mencapai rekor tertinggi di US$361 pada 19 Desember 2017. Dibutuhkan waktu 2 tahun 2 bulan setelah halving pertama untuk mencapai kenaikan 12.500%.

Litecoin halving kedua terjadi pada 5 Agustus 2019, harga LTC berada di level US$96,3. Namun, pada Maret 2020, harga LTC merosot hingga US$25 akibat pandemi Covid-19 yang mempengaruhi pasar keuangan secara luas.

Namun, pada tahun 2020, harga LTC berada di kisaran US$25 hingga US$90. Pada bull run, LTC mencapai harga tertinggi baru yaitu US$413,5 pada 10 Mei 2021. Setelah 1 tahun 9 bulan, LTC mengalami kenaikan 346,3%.

Prediksi Litecoin Halving

Analis Coinvestasi melihat adanya tren penurunan dalam peningkatan harga Litecoin (LTC) setelah halving. Pada halving pertama, terjadi peningkatan sebesar 12.500%, sementara pada halving kedua, peningkatannya mencapai 346,3%.

Menurut perhitungan linier analis, diperkirakan kenaikan harga LTC di tahun 2025 setelah halving ketiga sebesar 9,6%. Namun, dalam dunia kripto, kenaikan sebesar 9,6% hingga tahun 2025 dianggap relatif kecil.

Maka dari itu untuk kenaikan yang lebih optimis bisa menggunakan pendekatan logaritmik dengan perkiraan kenaikan harga LTC setelah halving ketiga pada tahun 2025 mencapai 37,5%.

Gambar: Prediksi harga LTC dengan pendekatan logaritmik.
Sumber: Tradingview

Menurut data Coinmarketcap, harga LTC diperdagangkan sebesar US$91,94 pada Selasa (18/7). Jika menggunakan pendekatan logaritmik, maka harga LTC pada tahun 2025 sekitar US$133,4.

Berdasarkan indikator Fibonacci Retracement, harga LTC saat ini juga berada pada tingkat resistance. Namun,sebagian besar komunitas kripto optimis pada potensi LTC.

Pada dua halving sebelumnya, harga tertinggi LTC mencapai US$361 setelah halving pertama dan US$413,5 setelah halving kedua. Kedua harga tersebut berada dalam kisaran yang dekat satu sama lain.

Apabila LTC berhasil mencapai harga tertinggi sebelumnya, maka potensi kenaikan LTC setelah halving ketiga pada tahun 2025 mencapai 326,3% dari harga saat ini.

Baca Juga: Jika Pola Ini Terulang, Litecoin Terancam Turun

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anggita Hutami

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.