Berita Altcoins · 7 min read

Potensi Harga Koin SUI Pasca Listing di Exchange

Potensi harga SUI

Layer-1 yang sangat dinantikan, Sui, dengan koinnya SUI akan diperdagangkan hari ini pada 3 Mei 2023 pukul 19.00 WIB di pertukaran kripto Kucoin, OKX, dan Bybit. Pertukaran lainnya akan menyusul untuk menyediakan koin SUI.

Mysten Labs selaku pengelola Sui memilih melakukan presale koin SUI sebelum di listing di berbagai exchange. Terdapat dua metode presale yakni allowlist yang dapat diikuti oleh peserta terpilih dan public sale yang dapat diikuti oleh peserta yang memenuhi persyaratan exchange penyelenggara public sale.

Per 3 Mei 2023, peserta yang mengikuti presale telah mendapatkan koin SUI pada wallet exchange masing-masing.

Allowlist dan Public Sale SUI

Allowlist adalah presale yang dapat diikuti oleh peserta terpilih dengan syarat perlu yakni aktif sebagai anggota discord Sui sebelum 1 April 2023. Selain itu peserta harus mendaftarkan diri dan melakukan verifikasi level 2 pada exchange penyelenggara allowlist: Kucoin, OKX, dan Bybit.

Peserta allowlist berhak membeli koin SUI dengan harga US$0,03 per koin dengan maksimal alokasi 1.500 SUI atau US$45 per orang. Koin yang dibeli melalui allowlist akan langsung didistribusikan secara penuh pada 3 Mei 2023.

Public sale adalah presale yang dapat diikuti oleh peserta yang mengikuti persyaratan dari exchange penyelenggara seperti hold sejumlah aset kripto dan melakukan verifikasi level 2. Exchange penyelenggara public sale adalah Kucoin, OKX, dan Bybit.

Peserta public sale berhak membeli koin SUI dengan harga US$0,1 per koin dengan maksimal alokasi 10.000 SUI atau US$1.000 per orang. Koin yang dibeli melalui public sale memiliki masa distribusi selama 12 bulan yang akan dibagikan tanggal 3 setiap bulannya.

Per 3 Mei 2023, kedua jenis presale ini sudah berakhir dan peserta yang mengikuti presale sudah mendapatkan distribusi koin pada wallet exchange masing-masing.

Baca juga: 594 Juta Koin SUI Dijual Presale, Harapan Airdrop Pupus!

Binance Launchpool

Selain dari presale, cara mendapatkan koin SUI sebelum perdagangan dimulai adalah melalui Binance Launchpool.

Syarat untuk mengikuti launchpool yakni harus memiliki akun Binance minimal verifikasi level 1. Peserta dapat memperoleh koin SUI dengan melakukan staking TrueUSD (TUSD) dan/atau BNB.

Alokasi total untuk peserta staking TUSD adalah 8.000.000 SUI dan untuk peserta staking BNB adalah 32.000.000 SUI. Peserta akan mendapatkan koin SUI secara pro rata sesuai dengan jumlah TUSD dan/atau BNB yang di-staking.

Per 3 Mei 2023, Binance Launchpool untuk koin SUI telah berakhir.

Baca juga: Binance Cegah Justin Sun Ikut Launchpool untuk Koin SUI

Potensi Harga SUI Ketika Listing

Melihat tokenomics SUI, terdapat total supply sebanyak 10 miliar koin SUI dengan pembagian:

  • Komunitas Reserve dikelola oleh Sui Foundation: 5 miliar SUI (50% total supply)
  • Kontributor awal: 2 miliar SUI (20% total supply)
  • Investor: 1,4 miliar SUI (14% total supply)
  • Mysten Labs: 1 miliar SUI (10% total supply)
  • Community Access Program (presale) dan App testers: 600 juta SUI (6% total supply)
sui
Gambar: Tokenomics SUI

Terdapat 5,28% dari total supply atau 528 juta SUI yang akan beredar dengan sisa supply lainnya dikeluarkan secara bertahap di masa mendatang.

Melihat SUI dibangun dengan bahasa pemrograman Move yang sama dengan Aptos serta beberapa dApps memiliki integrasi dengan Sui dan Aptos secara berdampingan, banyak komunitas kripto membandingkan Sui dengan Aptos.

Secara sederhana jika Sui mencapai kapitalisasi pasar yang sama dengan Aptos yakni US$1,84 miliar, maka dengan circulating supply sebesar 528 juta koin, SUI akan berada pada harga US$3,48. Harga ini adalah 116 kali lipat dari harga allowlist dan 34,8 kali lipat dari harga public sale.

sui iou

Selain itu terdapat token IOU yang diperdagangkan pada harga US$3,04 berdasarkan data Coinmarketcap. Harga ini mirip dengan harga SUI ketika menyamai kapitalisasi pasar Aptos.

Akan tetapi untuk jangka panjang, akan terdapat 10 miliar koin yang beredar sehingga kapitalisasi pasar sepenuhnya (fully diluted value, FDV) menjadi disekitaran US$30 miliar lebih. Tentunya proses unlock koin di masa mendatang akan mempengaruhi harga SUI kedepannya.

Baca juga: Mengenal Blockchain Sui dan Keunggulannya 

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.