Friktion Hadirkan Fitur Portofolio Manager

Anisa Giovanny

17th July, 2022

Friktion meluncurkan fitur baru bernama portofolio manager, dengan fitur ini pengguna bisa melakukan pelacakan, kinerja historis, metrik risiko, hingga pengembalian dari alfa dan beta di seluruh posisi volt yang digunakan. 

Untuk memulai menggunakan fitur ini, hubungkan wallet atau tambahkan alamat wallet ke URL di app.friktion.fi/portfolio/solana_wallet_address.

Contoh: https://app.friktion.fi/portfolio/Ewwa1U4rvp6ix82zNuFZwv27G1yy3c6uSuoAv1jvmPNR

Tampilan portofolio manager Friktion

Dengan portofolio ini pengguna bisa melihat pool individu yang dipegang oleh pengalokasi modal, dengan menganalisis dan mengoptimalkan nilai dan kinerja portofolio Volts, siapa pun dapat mengakses beragam pengembalian yang disesuaikan dengan risiko.

Baca juga: Volts Produk Unggulan Friktion di Segala Kondisi Market

Halaman Portofolio Friktion berupaya memberikan pengetahuan dan alat yang diperlukan bagi siapa saja untuk mengetahui kondisi aset di seluruh siklus pasar.

Metrik Utama Portofolio: Pengembalian(Return) dan Nilai (Value)

Dua metrik utama tersebut adalah bagan yang sangat berguna dan harus dilacak oleh setiap investor saat menggunakan modal ke dalam strategi apa pun. 

Ini adalah dua bagan kinerja yang berguna yang harus dilacak oleh setiap investor saat menggunakan modal ke dalam strategi apa pun. Berikut ini adalah bentuk bagan yang digunakan. 

Metrik utama portofolio Friktion

Return 

Indikator return atau pengembalian akan mengukur laba rugi yang dihasilkan dari semua Volt. Harga aset diperbarui secara langsung. Seringkali ini disebut sebagai Alpha, mengukur kinerja yang lebih baik dari suatu strategi versus pasar yang lebih luas.

Pengembalian investasi (RoI) dihitung sebagai pengembalian bersih berdasarkan harga spot pada setiap epoch. Kamu dapat menggunakan rumus ini untuk menghitung $ ROI:

$ ROI = SUM( Epoch_PnL * Spot_Price_at_Epoch_End)

Bagan teratas menunjukkan return bersih yang dihasilkan. Bagan bawah menunjukkan PnL mingguan yang dihasilkan (per Epoch), dipecah oleh setiap aset dan Volt.

Arahkan kursor ke setiap bar yang bertumpuk  untuk melihat perincian kinerja minggu itu menurut Volt atau Aset. Contohnya seperti gambar di bawah ini.

Bar portofolio manager Friktion

Pengembalian investasi untuk Volt #01, dan #02 dapat dilihat sebagai nilai dolar dari premi yang terkunci di awal setiap epoch sebagai persentase dari nilai portofolio dan mengabaikan fluktuasi harga spot di masa depan.

Pengembalian investasi dalam mata uang token deposit awal, dan nilainya akan ditambahkan ke portofolio di akhir setiap epoch. 

Nilai Portofolio

Melacak nilai portofolio historis dalam dolar (USDC), ditandai dengan harga saat ini, termasuk deposit  awal dan laba atas investasi. Seringkali ini disebut sebagai Beta, yang mengukur eksposur (risiko) ke pasar keseluruhan yang dimiliki portofolio.

Portfolio Value = SUM(Token_Held * Token_Spot_Price)

Value aset yang tergambar di portofolio

Karena beberapa Volt (Volt#01: Hasilkan Pendapatan) dirancang untuk menghasilkan hasil pada aset non-USDC, setiap perubahan harga aset dasar tersebut akan tercermin di indisktor ini.

Misalnya, jika menyetor 100 SOL di Volt#01 pada Januari 2022, kamu akan memiliki 115 SOL sekarang. Namun, karena harga SOL (dalam USDC) telah jatuh sejak itu, grafik Nilai akan mencerminkan hal ini.Untuk aset dengan durasi Epoch yang berbeda, PnL akan diakumulasikan dalam minggu yang bertepatan dengan waktu aset kedaluwarsa.

Pelacak Posisi

Di bawah bagan Return/Valuedan Metrik Utama adalah tabel semua posisi Volt suatu akun. Ini menawarkan wawasan yang lebih dalam tentang setiap aset yang dimiliki pengguna secara aktif. Mengklik pada baris individual akan membuka modal Deposit/Penarikan untuk suatu aset.

Pelacak posisi aset

Fitur Lain di Portofolio Manager

Beberapa poin penting yang perlu diketahui saat menggunakan portofolio manager Friktion, sebagai berikut. 

  • Deposit: Jumlah aset yang disimpan oleh pengguna
  • Value: Nilai USDC Setoran
  • Net Return: Laba atau rugi bersih dalam aset Deposito dan nilai USDC (marked-to-market)
  • Volt Token: Mewakili jumlah fToken yang dimiliki oleh pengguna. Baca lebih lanjut tentang fToken.
  • Win Rate: Jumlah Epochs pengembalian positif / Jumlah total Epochs
  • Voltage: Tingkat risiko yang terkait dengan Volt
  • Status: Aktif menghasilkan, Setoran Tertunda (deposit akan digunakan saat Epoch berikutnya dimulai), Penarikan Tertunda + jumlah (penarikan akan tersedia saat Epoch saat ini berakhir), Penarikan Klaim (dapat mengklaim penarikan)

Tabel Aktivitas (Transaksi Historis)

Pantau dan unduh semua aktivitas transaksi Volts historis  di satu tempat. Unduh sebagai CSV.

Tabel historis aset Friktion

Jika kamu ada usulan untuk membuat tampilan portofolio lebih menarik dan sesuai dengan template yang CoinTracker, TaxBit, TurboTax, atau lainnya, silahkan kirim pesan ke Friktio melalui  melalui Discord di saluran #feature-request atau email kami di team@friktionlabs.com dengan subjek “Portofolio”. 

Tentang Friktion

Friktion adalah protokol terkemuka DeFi untuk yield strategi yang dikelola risiko. Empat produk inti Friktion, yang dikenal sebagai Volts, adalah prduk dari portofolio DeFi yang dapat bekerja di seluruh siklus pasar.

Platform ini telah mengumpulkan lebih dari 17.000 pengguna dan memperdagangkan volume >$2 miliar. Misi protokol adalah untuk memungkinkan akses ke hasil DeFi berkelanjutan jangka panjang.

Baca juga: Friktion, Proyek Crypto Inovatif dengan Strategi Unik

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency