Friktion, Proyek Crypto Inovatif dengan Strategi Unik

Anisa Giovanny

5th July, 2022

Market crypto terus berkembang dengan meningkatkan adopsinya untuk memberikan berbagai solusi baru dan cara mendapatkan keuntungan dengan produk-produknya inovatif.

Proyek crypto yang terus bermunculan ini yang menjadi salah satu pendorong bagi bertahannya ekosistem crypto, dan ini juga yang membuat para investor berpengalaman terus tertantang untuk mengenal crypto lebih dalam. 

Salah satu proyek crypto yang inovatif adalah Friktion, yang merancang dan mengeksekusi strategi opsi untuk berbagai situasi menggunakan modal investor yang dikumpulkan.

Opsi akan membantu investor untuk membuat “taruhan” dengan mudah tanpa perlu mengetahui teknis opsi yang cukup rumit. 

Produk unggulannya adalah volts yang merupakan strategi untuk berbagai kondisi pasar yang berbeda. Berikut adalah jenis volts yang disediakan.

Volts produk unggulan dari Friktion

Biaya untuk Menggunakan Friktion

Saat ini Friktion mengenakan biaya 10% untuk setiap posisi yang berhasil dan mendapatkan keuntungan dan biaya 0.1% untuk penarikan.

Biaya dibebankan karena proyek akan memilih harga kesepakatan yang ideal setiap minggu untuk menciptakan posisi yang menguntungkan, jadi Friktion yang membuat strategi sehingga investor tidak perlu kesulitan untuk menyusunnya, kemudian Friktion juga mengelola risiko dari setiap perdagangan. 

TVL Frikiton.
TVL Frikiton. Sumber: Defilama

Berikut ini adalah TVL yang diperoleh Friktion per 1 Juli 2022, terlihat dari grafik bahwa volume Friktion tengah alami penurunan dan berada di angka $42,6 juta setelah sebelumnya berhasil mendapatkan TVL di atas $50 juta.

Berdasarkan TVL saat ini, Friktion adalah protokol produk terstruktur terkemuka di Solana dan tiga teratas di semua ekosistem. 

TVL ini merupakan salah satu indikator yang menunjukan popularitas proyek dengan jumlah pengguna aktif. TVL ini bisa berubah seiring waktu tergantung popularitas dan jumlah investor yang menggunakan proyek crypto. 

Apabila proyek ini terus meningkatkan popularitas dan kegunaan serta investornya terus bertambah, maka TVL akan ikut naik. Friktion baru-baru ini pun telah menunjukan perkembangan dengan meluncurkan layanan deposit lintas rantai untuk Ethereum dan Avalanche.

Sekarang pengguna dapat dapat menjembatani aset asli dari rantai ini ke Solana dan mengakses strategi Friktion yang  didukung oleh Portal Bridge (oleh Wormhole).

Proyek ini juga telah mendapatkan pendanaan senilai $5.5 juta dari berbagai investor terkemuka di industri crypto, di antaranya adalah Jump Crypto, DeFiance Capital, Pillar VC, Libertus Capital, Delphi Ventures, Sino Global Capital, Tribe Capital, Castle Island Ventures, Dialectic, Petrock Capital, Solana Ventures, dan angel investor lainnya.

Baca juga: Friktion Dukung Deposit Cross-Chain dari Ethereum dan Avalanche 

Friktion juga terdiri dari bursa derivatif dan market maker  terkemuka di industri, seperti Genesis Trading, Alameda Research, LedgerPrime, QCP Capital, CMS Holdings, Orthogonal Trading, dan GSR. 

Tertarik mencoba proyek di kondisi market saat ini? Pelajari info selengkapnya di situs resmi Friktion.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency