Polygon Menghasilkan $6.800 per Hari Setelah Insiden Ini

Rossetti Syarief

21st October, 2021

Bot arbitrase, adalah sebuah spam yang masuk ke jaringan Polygon secara terus menerus belakangan ini. Hanya dengan mengirim spam tersebut, Polygon justru berhasil mengubah 14 ETH menjadi 218,5 ETH dalam waktu 120 hari.

Pertumbuhan protokol layer-dua ini juga menjadi salah satu cerita utama tahun 2021, karena meningkatnya popularitas keuangan terdesentralisasi (DeFi) dan NFT berhasil mendorong biaya transaksi yang lebih tinggi lagi pada jaringan Ethereum (ETH).

Dan sejak awal tahun ini, jaringan Polygon muncul sebagai salah satu pesaing teratas lintasan untuk solusi penskalaan layer-2 Ethereum yang efektif. Tambahannya, ada platform QuickSwap dari proyek DeFi yang merupakan salah satu klon Uniswap yang lebih sukses.

Bot Mengisi Setiap Blok dengan ‘Transaksi yang Tidak Berarti”

Menurut data yang dilansir Flipside Crypto, serangan bot itu dimulai pada awal Mei dan pada satu titik di bulan Juni, mendorong transaksi di jaringan Polygon mencapai 8 juta per hari. 

Dalam rentan waktu yang sama, jumlah maksimum transaksi di jaringan Ethereum adalah 1,2 juta.

Jumlah transaksi di Ethereum vs. Polygon

Data yang ditemukan di forum Polygon menunjukkan bahwa spam bot tersebut ternyata telah menggelembungkan volume transaksi sebanyak 90% dengan memasukkan setiap blok penuh dengan ‘transaksi yang tidak berarti’.

Karenanya, hanya perlu membayar sekitar 0,02 MATIC untuk mengirim spam ke seluruh blok dan dengan begitu akan menghasilkan sekitar $1.000 per hari.

Pengguna alamat yang berinteraksi di jaringan ini mengungkapkan, bahwa sekitar 30% dari jumlah transaksi jaringan berasal dari spam bot arbitrase yang melakukan ribuan transaksi harian ke berbagai bursa terdesentralisasi.

Alasan pasti mengapa ‘spammer’ tersebut memilih untuk mengisi setiap blok, ketika bot lain hanya melakukan 2.000 – 4.000 perdagangan per hari masih belum pasti. 

Tetapi, satu teori menyebutkan hal ini dilakukan dalam upaya untuk mencegah orang lain menjalankan perdagangan.

Bot Mendapatkan Keuntungan Harian Rata-rata $6.800

Selama periode 120 hari, bot mampu menumbuhkan jumlah awal 14 ETH menjadi 218.5 ETH, yang saat ini bernilai $813.694.

Itu menghasilkan rata-rata keuntungan harian sekitar $ 6.800, sebelum termasuk biaya untuk mengirim spam ke jaringan.

Menanggapi spammer, tim di belakang Polygon akhirnya memutuskan untuk meningkatkan biaya minimum transaksi dari 1 gwei menjadi 30 gwei sebagai cara untuk memerangi spam dan meningkatkan kesehatan jaringan.

Langkah ini tampaknya telah mencapai tujuan yang dimaksudkan, karena data yang disediakan oleh Delphi Digital menunjukkan bahwa lonjakan biaya transaksi rata-rata bertepatan dengan penurunan jumlah transaksi harian.

Karena insiden tersebut, sekarang biaya untuk mengirim spam ke jaringan selama satu hari penuh mencapai $30.000.

Biaya gas rata-rata poligon vs. jumlah transaksi harian

Data jaringan menunjukkan bahwa transaksi spam telah turun dari 2 juta menjadi 500.000 transaksi per hari, turun 75%, tetapi masih mencakup 16,7% dari transaksi harian.

Ini berarti bahwa bot menghabiskan sekitar $5.000 dari laba $6.800 harian mereka untuk bensin agar skema tetap berjalan.

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis dalam berbagai sisi. Seperti menulis jurnal, artikel edukasi, artikel pemasaran, dan juga berita harian. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi terutama investasi dan cryptocurrency agar bisa menulis dari sudut pandang tersebut dengan baik

Rossetti memiliki minat menulis dalam berbagai sisi. Seperti menulis jurnal, artikel edukasi, artikel pemasaran, dan juga berita harian. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi terutama investasi dan cryptocurrency agar bisa menulis dari sudut pandang tersebut dengan baik