Platform Pembayaran Ini Masuk ke Polygon, Ekosistem Meluas

Naufal Muhammad

27th August, 2021

Blockchain Polygon (MATIC) baru saja menerima satu anggota ekosistem baru yang merupakan sebuah platform pembayaran.

Akibat anggota baru ini, ekosistem MATIC menjadi semakin luas, yang menjadi sentimen positif terutama dengan rendahnya biaya transaksi blockchainnya.

Ekosistem Polygon Memiliki Anggota Baru

Poryek yang baru saja masuk ke dalam ekosistem Polygon adalah ForgingBlock, platform pembayaran terdesentralisasi untuk beberapa ranah.

Ranah yang dimaksud adalah e-commerce atau toko digital dan beberapa ranah bidang yang membutuhkan wadah pembayaran.

Dikabarkan adopsi ini terjadi akibat ForgingBlock yang menganggap keamanan pada jaringan Polygon memiliki kualitas tinggi.

Nantinya seluruh pihak yang mengadopsi ForgingBlock dapat menggunakan Blockchain Polygon untuk memindahkan dana.

Mulai dari pembelian suatu barang hingga donasi, semuanya akan dipermudah dengan menggunakan Blockchain Polygon yang memiliki kecepatan tinggi.

ForgingBlock menyatakan,

“Kami melihat pertumbuhan sistem pembayaran di berbagai blockchain. Namun kami percaya bahwa dengan teknologi inovatif dari Polygon, kenyamanan pengguna ForgingBlock akan semakin meningkat dengan drastis.”

Adopsi ini nampaknya juga muncul setelah Polygon semakin tenar akhir-akhir ini akibat adopsi jaringannya untuk membantu kecepatan Blockchain Ethereum.

Selain membantu untuk transaksi lebih cepat, Polygon juga memberikan jaringan alternatif dengan biaya transaksi yang lebih rendah.

Adopsi oleh ForgingBlock ini telah memperluas ekosistem Polygon secara signifikan akibat mulai masuk ke ranah sektor riil.

Saat ini Polygon sendiri memiliki sekitar 400 proyek pada blockchainnya, menurut data dari DappRadar.

Proyek dengan volume terbesar nampaknya masih diduduki oleh QuickSwap yang merupakan bursa terdesentralisasi (DeX) utama dari blockchain ini.

Analisis Harga MATIC

Untuk saat ini, nampaknya sentimen masih terus positif terutama akibat teknologinya yang tergolong utama.

Teknologinya ini membuatnya dapat bersaing dengan blockchain lainnya, terutama akibat kecepatannya yang melebihi 60.000 transaksi per detik.

Saat ini Polygon juga tidak bergerak hanya untuk mendukung pertumbuhan Ethereum, walau masih dijadikan salah satu prioritasnya.

Hal tersebut disebabkan nampaknya Polygon terlihat memperluas keberadaannya sendiri sebagai sebuah blockchain yang mampu bersaing.

Bukti nyatanya adalah ekosistemnya yang mulai meluas dan berada di sekitar angka 400 proyek atau anggota dalam blockchainnya.

Angka tersebut mulai mendekati beberapa proyek utama seperti Tron (TRX), Solana (SOL), dan juga Binance Smart Chain (BSC).

Oleh karena itu, MATIC sendiri nampaknya akan mendapatkan sentimen positif terutama jika adopsi ini semakin meluas.

Dari sisi teknikal harganya, saat ini MATIC terlihat sedang terkoreksi namun terlihat masih terjaga kuat oleh batas bawahnya saat ini.

Grafik Harian MATICUSD

Terlihat bahwa kemungkinan besar batas bawah saat ini pada $1.33 atau Rp19.191 hingga $1.20 atau Rp17.312 akan terus terjaga sebelum berhasil naik kembali.

Hal ini disebabkan koreksinya yang juga berada pada titik 61,8% Fibonacci yang umumnya jadi tempat umum untuk koreksi kecil sebelum naik.

Jika dapat naik kembali, tujuan selanjutnya berada pada $1.5 atau Rp21.644 hingga $1.63 atau Rp23.520 dengan tujuan berikutnya terlihat berada pada sekitar $3 atau Rp 43.288.

Untuk saat ini nampaknya pergerakan masih akan mengikuti mayoritas pasar keuangan yang masih menunggu kepastian dari Bank Sentral Amerika.

*Disclaimer

Artikel ini merupakan pandangan pribadi penulis dan bukan saran atau ajakan untuk investasi atau trading. Risiko ditanggung masing-masing.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.