Platform DEX Cardano Dinilai Mengecewakan, Bagaimana Harga ADA?

Rossetti Syarief

24th January, 2022

Pada Kamis 20 Januari, SundaeSwap yang merupakan platform DEX pertama Cardano secara resmi telah meluncurkan mainnet-nya setelah serangkaian pengujian yang panjang. 

Platform DEX tersebut diyakini akan membantu pengguna untuk trading, staking, dan meminjamkan token di platform dengan biaya yang sangat rendah. Hype pun bertebaran, bahkan koin ADA disebut-sebut mampu meraih ATH yang baru dengan dukungannya.

Namun sayang, ekspektasi tersebut harus dikubur dalam-dalam. Menurut pengakuan sejumlah pengguna yang telah mencoba platform SundaeSwap, mereka mengalami sejumlah kendala terutama mengenai ketidakmampuan platform untuk melakukan transaksi melalui website.

Kegagalan ini kemudian terungkap sebagai akibat dari kemacetan jaringan di platform. Antusiasme komunitas pada DEX pun mereda berganti dengan protes yang mereka layangkan di media sosial.

Baca juga: Protokol DeFi berbasis Cardano Meld Kumpulkan $100 Juta Token dalam 3 hari

Masalah pada Platform DEX dan Dampak Untuk ADA

Berbicara pemasalahan ini, Chief Executive Officer SundaeSwap, Mateen Motavaf, menjelaskan bahwa kendala tersebut sekarang sudah terkendali. 

Perusahaan induk dari blockchain Cardano, Input Output yang berlokasi di Hong Kong juga mengkonfirmasi bahwa masalahnya disebabkan oleh “beban jaringan Cardano yang berat”.

Untuk membuat pengguna lebih nyaman, sekitar pukul 1 pagi waktu setempat setelah peluncuran, tim Aplikasi mengadakan AMA (ask me anything) untuk menjawab berbagai permasalahan yang dialami pengguna.

SundaeSwap juga mengkonfirmasi melalui tweetnya bahwa mereka telah menambahkan fitur baru yang akan membantu pengguna memutuskan apakah akan membatalkan pesanan mereka atau tidak.

Selama periode ini, nilai ADA yang tadinya diharapkan All Time High justru turun lebih dari 10% dan diperdagangkan serendah $0,9.

Terlepas dari tantangan yang dihadapi selama peluncuran mainnet SundaeSwap, data yang tersedia dari DeFiLlama telah menunjukkan bahwa TVL dalam ekosistem Cardano sekarang bernilai $82 juta. Persentase ini mengarah pada pertumbuhan TVL sebesar 86,6% di protokol DeFi Cardano selama 24 jam terakhir.

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.