Perusahaan Penyedia Energi Terbesar Austria, Wien Energie Kembangkan Kulkas Berbasis Blockchain

Aulia Medina

8th April, 2019

Penyedia energi terbesar Austria, Wien Energie, telah mengembangkan kulkas yang digerakkan oleh blockchain dalam kemitraan dengan raksasa teknologi Bosch, koresponden Cointelegraph melaporkan dari ANON Blockchain Summit Austria.

Wien Energie mempresentasikan model baru selama konferensi crypto di Wina pada 3 April. Rilis resmi mengklaim bahwa teknologi desentralisasi digunakan dalam pembangunan kulkas untuk pertama kalinya.

Tujuan dan manfaat kulkas blockchain

Tujuan utama dari proyek ini adalah untuk meningkatkan minat konsumen pada konsumsi energi berkelanjutan. Solusi blockchain dalam hal ini memungkinkan seseorang untuk memilih sumber energi, baik itu panel surya atau pembangkit tenaga angin. Setiap kilowatt yang digunakan oleh lemari es dapat ditelusuri ke asalnya. Selain itu, kulkas blockchain dapat sepenuhnya dioperasikan melalui smartphone. Pengguna dapat mengontrol suhu lemari es dan freezer, memeriksa apakah pintu tertutup dengan benar, dan melacak konsumsi energi dan emisi CO2.

Menurut pernyataan resmi, model belum dijual. Wien Energie dan Bosch pertama-tama akan menguji kulkas blockchain dengan tiga pelanggan dalam beberapa bulan mendatang.

Baca juga: Industri Blockchain Indonesia Semakin Menarik Minat Masyarakat

CEO Wien Energie, Peter Gönitzer menganggap blockchain peluang besar untuk mengurangi pemborosan energi yang tidak perlu. Menurutnya, ekosistem yang terdesentralisasi dapat berkontribusi untuk menciptakan pasar energi yang transparan dan ramah pengguna.

Selain itu, perusahaan Austria juga berencana untuk menguji coba implementasi blockchain di sektor energi pada skala yang lebih besar. Perusahaan ini telah bermitra dengan perusahaan antarmuka blockchain, Riddle & Code untuk menggunakan infrastruktur terdesentralisasi di area pengembangan kota yang tidak disebutkan namanya.

konsepnya telah dikembangkan, dan uji coba akan dimulai dalam beberapa bulan dengan partisipasi sekitar 100 penduduk. Proyek ini, di atas segalanya, diatur untuk mengetahui tarif energi pintar mana yang akan berfungsi di daerah tersebut.

Seperti dilaporkan Cointelegraph sebelumnya, Wien Energie mengumumkan pada bulan Maret bahwa mereka sedang mempertimbangkan untuk meluncurkan pengisi daya untuk mobil listrik berdasarkan teknologi buku besar yang didistribusikan. Uji coba untuk proyek tersebut juga dilakukan bersama dengan Riddle & Code: perusahaan menguji stasiun pengisian kendaraan listrik dengan identitas mesin aman terintegrasi di Wina.

Sumber