Berita Industri · 7 min read

8 Perusahaan Kripto Putus Kerja Sama dengan Silvergate

Perusahaan Kripto Putuskan Kerjasama dengan Silvergate

Sejumlah perusahaan kripto dilaporkan telah memustus kerja sama dengan bank ramah kripto Silvergate. Keputusan ini dilakukan setelah Silvergate mengajukan penundaan laporan keuangan tahunannya kepada Security Exchange and Comission (SEC) pada Rabu (1/3). Penundaan tersebut telah menuai respon negatif dari beberapa perusahaan kripto.

Baca Juga: Kripto Pekan Ini: Harga Bitcoin Turun dan Masalah Silvergate

Terpantau sebanyak 8 perusahaan kripto memutus kerja sama atau pun layanan yang berkaitan dengan Silvergate. Berikut ini daftarnya.

1. Coinbase

Platform pertukaran kripto terkemuka, Coinbase telah mengumumkan bahwa pihaknya tidak lagi menerima pembayaran menggunakan Silvergate.

Pengumuman tersebut disebarkan melalui akun twitter resminya pada Kamis (2/3). Keputusan diambil dengan sangat hati-hati mempertimbangkan pengumuman penundaan tersebut.

Coinbase telah menyatakan bahwa mereka akan menggunakan bank mitra yang diasuransikan oleh FDIC untuk setoran langsung, namun mereka tidak menyebutkan nama bank yang akan digunakan. Selain itu, perusahaan telah bekerja sama dengan MetaBank untuk mengeluarkan kartu hadiah Coinbase.

2. Galaxy Digital

Perusahaan kripto yang bergerak dalam jasa keuangan, Galaxy Digital mengatakan bahwa pihaknya tidak memiliki eksposur yang besar terhadap Silvergate. Dilansir dari Bloomberg, juru bicara Galaxy Digital melalui sebuah email menegaskan, pihaknya akan mengambil tindakan untuk memastikan aset klien dan perusahaan aman sebagai bagian dari proses manajemen risiko yang kuat.

3. Paxos

Paxos juga mengumumkan bahwa pihaknya telah menghentikan transfer ke rekening Silvergate mereka. Namun, perusahaan tersebut akan tetap memproses semua pembayaran keluar.

4. Cboe Clear Digital

Cboe Clear Digital mengumumkan bahwa mereka telah menunda semua transaksi dengan bank Silvergate. Pengumuman tersebut disampaikan pada Kamis (2/3).

“Cboe Clear Digital, LLC (“Cboe Digital”) akan menunda semua transaksi dengan Silvergate Bank pada saat ini hingga pemberitahuan selanjutnya. Silakan hubungi Treasury Operations di [email protected] untuk informasi perbankan alternatif. Kami akan terus memproses transaksi tunai melalui mitra bank lainnya,” ungkap pengumuman tersebut.

5. Bitstamp

Pertukaran kripto yang berbasis di Luksemburg, Bitstamp mengumumkan akan menghentikan dukungan untuk transfer bank yang dilakukan melalui Silvergate untuk sementara. Pengumuman tersebut disampaikan melalui situs resminya.

Bitstamp mengatakan bahwa pembayaran dolar AS ke depan akan diproses melalui Signature Bank, bank lain yang populer di kalangan perusahaan dalam industri aset digital.

6. Circle

Perusahaan yang menerbitkan stablecoin USDC, Circle telah mengumumkan bahwa mereka juga mundur dari kerjasamanya dengan Silvergate.

7. Gemini

Platform kripto yang didirikan tahun 2014 oleh Winklevoss bersaudara, Gemini, juga mengumumkan bahwa pihaknya telah menghentikan penerimaan, penarikan dan setoran dari pelanggan serta wire transfer melalui Silvergate di platformnya.

8. Digital Asset Capital Management (DACM)

Pada tanggal 3 Maret, hedge fund aset kripto bernama Digital Asset Capital Management (DACM), dengan aset senilai lebih dari US$400 juta, mengumumkan sedang mencari mitra perbankan baru di Swiss pasca kekacauan Silvergate. DACM menggunakan jaringan real-time Silvergate untuk memindahkan dana ke dan dari platform Coinbase Global.

Baca Juga: 3 Peristiwa Kripto Layak Diperhatikan Pekan Ini!

Itu dia berbagai perusahaan kripto yang mengurangi paparan dengan bank ramah kripto tersebut. Perlu diketahui, Silvergate populer di kalangan perusahaan kripto karena layanan transfer banknya yang instan dan real-time.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anggita Hutami

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.