Berita Blockchain · 6 min read

Perusahaan Asuransi Jiwa Ini Tertarik dengan Blockchain

MetLife (MET), perusahaan asuransi jiwa terbesar di dunia senilai $2,7 triliun, baru-baru ini mengumumkan akan melakukan uji coba proses sistem klaim asuransi mereka dengan Blockchain.

Pembaharuan ini diyakini akan berdampak besar bagi MetLife yang memiliki lebih dari 90 juta nasabah yang terdapat di lebih dari 60 negara di dunia.

MetLife mempertimbangkan akan menggunakan Blockchain Ethereum untuk proses klaim asuransi jiwa. Proyek ini sedang dijalankan dan dikembangkan oleh inkubator MetLife yaitu LumenLab yang bekerja sama dengan Singapore Press Holding dan NTUC Income untuk melakukan uji coba Blockchain pada sistem klaim asuransi MetLife.

Hal ini dikarenakan, terdapat kasus terhadap keluarga yang menjadi nasabah MetLife yang meninggal dunia dan mereka lupa atau tidak tahu bahwa anggota keluarga tersebut memiliki asuransi jiwa. Kurangnya informasi ini tidak menguntungkan bagi kedua belah pihak yaitu penanggung dan penuntut.

Baca juga: B3i, Startup Asuransi Blockchain Siapkan $16 Juta Untuk Platform Baru

MetLife Berencana Menggunakan Blockchain

Dengan bantuan Blockchain, Kartu Identitas Pendaftaran Nasional yang meninggal dari nomor sertifikat kematian dienkripsi ke dalam Blockchain. Kemudian, NTUC memeriksa nomor tersebut jika ada dan cocok, dalam satu hari kerja keluarga yang bersangkutan akan dikirim email otomatis dan dikirim ke perusahaan asuransi jiwa untuk proses klaim.

Keuntungan Perusahaan Asuransi Jiwa Jika Menggunakan Blockchain

Seperti diketahui Blockchain memiliki sifat yang transparansi, hal ini sangat bermanfaat bagi pemegang kartu polis asuransi, Anda bisa dengan mudah melakukan klaim asuransi jiwa Anda jika sewaktu-waktu anggota keluarga Anda ada yang meninggal, serta Anda dapat menerima uang dari hak polis asuransi dengan lebih cepat.

Faktor keamanan juga menjadi pertimbangan dari penggunaan teknologi Blockchain, di mana data-data nasabah yang tersimpan di perusahaan asuransi jiwa yang bersangkutan dalam suatu blok tidak dapat dimanipulasi.

Bagi pihak perusahaan MetLife, ini juga menjadi bertanda baik yaitu mengurangi biaya pengeluaran perusahaan, karena proses klaim dilakukan secara otomatis dengan bantuan Blockchain sehingga perusahaan tidak perlu repot-repot lagi untuk mengingatkan nasabahnya dengan cara-cara yang masih konvensional seperti mendatangi kediaman mereka dan lain sebagainya.

Selain itu, pihak perusahaan juga mendapatkan kemudahan jika sewaktu-waktu ingin memperluas jangkauan layanannya, yang tentu saja ini memerlukan kerja sama dengan para pemangku kepentingan baik itu pemerintah dan lain-lain, semua itu bisa terkoneksi dengan bantuan Blockchain.

Penggunaan Blockchain pada sistem klaim MetLife merupakan strategi operasi untuk jangka panjang yang dipersiapkan oleh perusahaan dan untuk kedepannya tidak menutup kemungkinan untuk berkolaborasi dengan jaringan Blockchain lainnya seperti Bitcoin, Ripple, dll. Yang mana saat ini jaringan Blockchain Ethereum hanya mampu memproses 13 transaksi per detik.

Sumber

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Dhila Rizqia

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.