Personil Linkin Park Terbitkan Musik Baru untuk Serial NFT di Tezos

Rossetti Syarief

30th November, 2021

Mike Shinoda, salah satu personil band rock legendaris Linkin Park, mengumumkan bahwa ia akan menerbitkan musik baru sebagai serial NFT generatif yang disebut Ziggurats di Tezos.

Ziggurats adalah kumpulan dari 5000 mini-mixtapes, yang masing-masing memiliki musik dan cover art yang unik.

Kumpulan dari 5000 mini-mixtapes tersebut nantinya akan dijual melalui website ziggurats.xyz.

Mike Shinoda dan Perannya dalam NFT

Mike Shinoda telah memiliki karir yang panjang di dunia permusikan. Ia dan bandnya telah memenangkan sejumlah penghargaan yang mengesankan di sepanjang karirnya, seperti 6 kali memenangkan American Music Awards, 2 kali Billboard Music Awards, 2 penghargaan di Grammy Awards, 25 kali kemenangan di MTV Music Awards, serta 34 penghargaan lainnya di seluruh dunia.

Sementara untuk Mike Shinoda sendiri, ia baru saja mengumumkan bahwa remix Deftones-nya dinominasikan dalam Grammy.

Selain menjadi musisi berbakat, Mike Shinoda juga seorang kolektor seni dan art creator. Mike telah lama tertarik dalam dunia NFT dan sedang mengulik ekosistemnya lebih dalam. Pengakuan tersebut Mike ungkap dalam beberapa wawancara di acara bincang-bincang crypto.

Mike merupakan bagian dari Tezos dan telah mengumpulkan banyak NFT-nya sendiri.

Selain itu, Mike juga memperjual-belikan NFT di sana dengan harga yang relatif terjangkau. Meski begitu, karena kepopulerannya, penjualan terakhir Mike berhasil dilelang dan menghasilkan bidding war dengan tawaran tertinggi, berkisar 2.750 XTZ.

Beberapa serial NFT milik Mike yang sukses di Tezos antara lain adalah Tezzards, PRJKTNEON, Chop Sumos, Randomly Common Skeles, Crypto Legends, NEONZ, dan Tezos Domain tertentu. 

Mike bukan hanya terobsesi dalam bidang tersebut, namun juga mengerti teknisi NFT dan pendukung setia Tezos.

Hal ini yang kemudian membuat perusahaan semakin bersemangat untuk menantikan koleksi Mike selanjutnya dalam Tezos di level yang lebih tinggi.

Ziggurat dalam Sudut Pandang Mike

Serial NFT yang akan Mike luncurkan di Tezos, tidak hanya akan menjadi sebuah lagu. Sang pianis band merancang sesuatu yang berbeda.

Setiap NFT dalam serial Ziggurat ini, akan serupa dalam artian memiliki lirik yang sama di setiap lagu, tetapi musik dan cover art untuk setiap NFT akan dibuat memiliki ciri khas tersendiri.

Lagu yang dikeluarkan Mike akan berdurasi sekitar tujuh menit dan musiknya akan terdiri dari variasi genre musik yang akan disusun ulang dan disatukan dalam komposisi yang berbeda secara random oleh program generatif.

Dengan asumsi bahwa hasil dari proyek ini sesuai dengan harapan, ini akan menjadi kemajuan besar dalam sejarah musik. Pencetakan publik untuk serial NFT tersebut akan dilakukan pada 2 Desember.

“Ziggurats adalah proyek musik, pertama dan terutama. Ini meruapakan koleksi 5000 mini-mixtape, masing-masing berdurasi hampir 7 menit dengan musik yang unik dan cover art yang memiliki ciri khas masing-masing. Vokalnya akan disamaratakan, tetapi musik dan bagaimana karya seni tercipta akan dibuat oleh saya langsung. Saya dan tim akan merakit kombinasi unik sehingga tidak ada duanya. Covernya dibuat dengan gaya ilustratif, foto profil.” Ungkap Mike Shinoda pada Discord

Seperti pada kebanyakan serial NFT yang diperjual-belikan di Tezos, akan ada tingkat kelangkaan di mana beberapa NFT lebih jarang dijual daripada yang lain.

“Akan ada kelangkaan yang bervariasi. Di bagian atas, ada lima karya ultra rare, di mana seni dibuat dari awal, dengan konsep yang matang. Musik akan didistribusikan secara merata di seluruh koleksi, sehingga kelangkaannya ditentukan oleh seninya.” Jelas Mike.

Khusus untuk penggemarnya yang tidak memahami konsep NFT dan perkembangan dunia crypto, Mike akan merilis serial ‘spesial’ khusus untuk penggemar yang tidak ingin membeli NFT.

“Bagi mereka yang hanya ingin mendengarkan, versi biasa akan saya sediakan pada platform streaming biasa.”

Dan proyek tersebut bisa penggemar akses di sini. Dukungan teknis untuk proyek ini telah disediakan oleh @mycodecrafting, pengembang terkenal di ekosistem Tezos. Sementara akun Discord channel sang musisi bisa di akses di sini.

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis dalam berbagai sisi. Seperti menulis jurnal, artikel edukasi, artikel pemasaran, dan juga berita harian. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi terutama investasi dan cryptocurrency agar bisa menulis dari sudut pandang tersebut dengan baik

Rossetti memiliki minat menulis dalam berbagai sisi. Seperti menulis jurnal, artikel edukasi, artikel pemasaran, dan juga berita harian. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi terutama investasi dan cryptocurrency agar bisa menulis dari sudut pandang tersebut dengan baik