Jelajahi Pengalaman Baru Seni dan Teknologi di Eksibisi NFT Tezos

Anisa Giovanny

12th November, 2021

Dunia seni dan NFT kini sedang menjadi pembicaraan dan kian berkembang, sorotan pun datang dari Art Basel tahun ini yang berlangsung pada 9 November 2021 di Miami Beach. Art Basel menghadirkan eksibisi NFT interaktif unik dari Tezos, blockchain hemat energi.

Pameran Seni di Art Basel
Pameran Seni di Art Basel

Pameran ini berjudul Humans + Machines: NFTs and the Ever-Evolving World of Art (2–4 Desember 2021), pengalaman eksibisi NFT ini akan menjelajahi batas baru seni, teknologi, dan budaya – dan mengundang penonton untuk bahkan membuat dan mencetak NFT mereka sendiri di lokasi.

Ruang ini akan menampilkan koleksi karya seni dari beberapa seniman generatif dan NFT terkemuka dunia, termasuk Helena Sarin, Matt DesLauriers, Sutu (Stuart Campbell), dan Iskra Velitchkova, dan lainnya. 

Seniman Jerman Mario Klingemann, mengundang peserta untuk terlibat dan secara kolaboratif menghasilkan takeaway NFT satu-satunya yang akan dicetak di blockchain Tezos.

Penciptaan NFT akan terjadi dengan berinteraksi secara fisik dengan ruang, menghasilkan karya seni potret diri abstrak yang dihasilkan dari kode yang dirancang oleh Klingemann.

Pameran ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan dinamika baru yang dibawa oleh NFT dan dunia seni generatif yang terus berkembang.

Ide kolaborasi antara manusia dan mesin lebih menekankan peran kreativitas dan apa artinya berpartisipasi dalam penciptaan seni.

Salah satu seni yang ditampilkan di Art Basel

Klingemann, juga dikenal sebagai Quasimondo, dianggap sebagai salah satu pelopor seni AI, neural networks saraf, dan machine learning.

Ia merupakan seorang seniman yang menggunakan algoritma dan kecerdasan buatan untuk membuat dan menyelidiki sistem, ia sangat tertarik pada persepsi manusia tentang seni dan kreativitas, meneliti metode di mana mesin dapat menambah atau meniru proses ini.

Karya seninya telah dipamerkan di The Metropolitan Museum of Art, The Photographers’ Gallery, KM Karlsruhe, Centre Pompidou dan banyak lagi.

Terutama, instalasinya Memories of Passersby I membuat sejarah pada Maret 2019 sebagai mesin AI otonom pertama yang berhasil dilelang di Sotheby’s.

“Merupakan suatu kehormatan untuk menjadi bagian dari pengalaman Tezos NFT di Art Basel di Miami Beach. Pameran interaktif ini mengkaji interaksi teknologi dan kreativitas manusia, dan  antara manusia dan mesin sebagai bagian dari proses seni generatif. Sementara tubuh pekerjaan dapat dibuat oleh mesin, potret diri adalah hal yang sangat manusiawi, jadi saya harap ini menyelidiki pertanyaan seputar sifat dan persepsi manusia, dan semua yang mengekspresikan dirinya dengan sistem otomatis,” kata Klingemann.

Selama Art Basel Miami Beach 2021, ruang pengalaman Tezos juga akan mencakup seri pembicara khusus yang menampilkan beragam artis dan tokoh terkemuka dari komunitas NFT.

Diskusi akan mencakup implikasi dan kemungkinan teknis, filosofis dan artistik yang diciptakan oleh paradigma baru ini di persimpangan seni dan teknologi. Jadwal lengkap akan tersedia dalam beberapa minggu mendatang di kalender acara Art Basel Miami Beach  dan di halaman acara Tezos

Blockchain Tezos yang Hemat Energi untuk NFT

Desain Tezos yang hemat energi dan biaya rendah untuk mencetak dan bertransaksi NFT kemudian menarik komunitas seniman, kolektor, dan pembangun NFT yang beragam di seluruh dunia. 

Dengan Tezos rumah bagi platform NFT utama seperti Hic et Nunc, salah satu pasar seni NFT terbesar, lebih banyak merek memilih untuk membangun di Tezos daripada sebelumnya.

Organisasi terkemuka meliputi: tim balap Formula 1 Red Bull Racing Honda dan McLaren Racing, bank raksasa Societe Generale, platform musik NFT OneOf dan banyak lagi.

The Tezos NFT Experience akan ditampilkan mulai 2–4 Desember 2021, di Miami Beach Convention Center. Silakan kunjungi situs ini untuk informasi lebih lanjut.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency