Berita Mining · 7 min read

Penghasilan Miner Bitcoin Capai Rekor US$2 Miliar Menjelang Halving

Miner profit

Data dari Coinwarz menunjukkan bahwa halvinhg Bitcoin dijadwalkan berlangsung pada19 April 2024, pada Blok 840,000. Proyeksi ini berdasarkan waktu blok rata-rata Bitcoin saat ini.

Menjelang halving, menurut laporan dari News Bitcoin, pendapatan penambang Bitcoin mencapai tingkat tertinggi dalam 12 bulan terakhir, dengan total US$2,01 miliar, di mana US$85,81 juta di antaranya berasal dari biaya transaksi. Pencapaian ini melampaui puncak sebelumnya pada Mei 2021, saat pendapatan penambangan mencapai US$1,74 miliar.

Pendapatan penambang Bitcoin. Sumber: Theblock.

Selama bulan Maret, harga hash juga konsisten melampaui $100 per PH/s per hari. Harga hash ini merujuk pada nilai yang diharapkan dari 1 PH/s kapasitas hashing.

Dalam periode yang sama, kumpulan penambangan Bitcoin menambang 4,412 blok, dengan Foundry USA memimpin dengan total 1.312 blok, yang menyumbang sekitar 29,74% dari total jaringan. Antpool menempati posisi kedua dengan 989 blok atau 22,42% dari total, diikuti oleh Viabtc, F2pool, dan Binance Pool.

Baca juga: 34 Hari lagi Halving, Miner Makin Susah Mining Bitcoin

Perusahaan Mining Bersiap untuk Halving Bitcoin

Menyambut halving, berbagai perusahaan mining telah memulai persiapan. Perusahaan-perusahaan seperti Marathon Digital dan CleanSpark telah proaktif mengakuisisi lokasi dan memodernisasi armada peralatan mereka untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya.

Mereka juga berusaha mendiversifikasi model bisnis mereka dan memasuki pasar baru, dengan investasi besar-besaran pada peralatan penambangan baru. Perusahaan seperti Riot Platforms dan Bitfarms telah melakukan pemesanan besar untuk memperkuat efisiensi operasional mereka.

Pasca-halving, diperkirakan akan terjadi konsolidasi sektor ini, dengan perusahaan-perusahaan menggunakan neraca mereka untuk pertumbuhan dan akuisisi dan fokus pada ekspansi yang hemat biaya.

Baca juga: Menuju Halving Bitcoin 2024, Perusahaan Mining Siapkan Langkah Strategis

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.