Berita Mining · 8 min read

Menuju Halving Bitcoin 2024: Perusahaan Mining Siapkan Langkah Strategis

perusahaan mining bitcoin

Halving Bitcoin akan segera terjadi pada April 2024. Halving keempat Bitcoin ini akan mengurangi imbalan para penambang menjadi separuhnya dari sebelumnya 6,25 menjadi 3,125 BTC.

Menyoal halving, perusahaan mining Bitcoin, akan menjadi salah satu sektor yang paling terdampak dari peristiwa ini. Menyikap hal ini beberapa perusahaan mining Bitcoin telah bersiap dengan meningkatkan jumlah mesin penambangan untuk meningkatkan proses penambangan yang lebih optimal dan efisien.

Baca juga: Riot Platform Ungkap Dampak Halving Bitcoin Bagi Perusahaan Mining

Riot Platform Perbanyak Penambang

Perusahaan penambangan Bitcoin, Riot Platform, seperti dilansir oleh Blockworks, telah membeli tambahan 31,500 penambang dari MicroBT senilai US$97,4 juta.

Pembelian ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas tingkat hash penambangan mandiri perusahaan di fasilitasnya di Rockdale, TX dari 12,4 exahash per detik (EH/s) menjadi 15,1 EH/s pada akhir Juli.

Riot juga melakukan penyesuaian jumlah penambang di pertambangannya. CEO Riot, Jason Les, menyatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa bahwa perusahaan mengganti 17.000 penambang di fasilitas Rockdale, sambil menambah 14.500 penambang baru.

Target tingkat hash baru perusahaan pada akhir tahun 2024 adalah 31 EH/s karena perusahaan terus memperluas fasilitasnya di Corsicana, TX. Langkah ini diambil setelah Riot mengungkapkan pada bulan Desember bahwa perusahaan telah membeli 66,000 mesin penambangan senilai US$290.5 juta.

Les mencatat bahwa mereka memiliki opsi untuk membeli tambahan 265.000 penambang MicroBT dengan persyaratan yang sama, yang akan membantu perusahaan mencapai tingkat hash melebihi 100 EH/s dalam jangka panjang.

Baca juga: Penggunaan Energi Berkelanjutan Mining Bitcoin Capai Rekor Tertinggi

CleanSpark Akuisisi Tiga Pusat Data

Pesaing Riot, CleanSpark yang berbasis di Las Vegas, juga bersiap menyambut halving dengan melanjutkan rencana peningkatan kapasitas hashnya. Perusahaan juga baru-baru ini mengakuisisi tiga pusat data di Mississippi dengan nilai kesepakatan tunai senilai US$19,8 juta untuk meningkatkan tingkat hash operasi CleanSpark sekitar 2,4 EH/s.

“Tim telah mengoptimalkan penambangan, meningkatkan hashrate seluruh armada kami menjadi lebih dari 15 EH/s, dan kami bekerja keras untuk menambahkan lebih banyak tingkat hash secepat mungkin,” kata CEO CleanSpark, Zach Bradford, dalam sebuah pernyataan.

Hut 8 Biayai Fasilitas Baru

Perusahaan penambangan Bitcoin lainnya, Hut 8, berencana menggunakan sebagian dari cadangan kepemilikan BTC untuk membiayai pembangunan fasilitas penambangan baru di Culberson County, Texas.

“Menyambut halving, kami mengantisipasi aset-aset yang tersedia dengan valuasi yang menguntungkan dan menciptakan peluang untuk pertumbuhan lebih lanjut. Prinsip inti dari strategi baru kami adalah alokasi modal yang bijaksana dan strategis untuk menjaga neraca yang kuat dan memposisikan diri untuk mengevaluasi peluang-peluang yang muncul,” kata CEO Hut 8, Asher Genoot.

Fasilitas penambangan baru yang direncanakan Hut 8 adalah lokasi berkapasitas 63 megawatt (MW) di Texas yang diharapkan memiliki kapasitas penambangan mandiri hingga sekitar 3,6 EH/s. Perusahaan berencana untuk mengaktifkan penambang daring di fasilitas tersebut pada kuartal kedua.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.