Berita Regulasi · 7 min read

Penggunaan ATM Bitcoin Tumbuh Pesat! Jumlah Beredar Mencengangkan

Penggunaan ATM khusus untuk Bitcoin dilaporkan berkembang dengan tempo yang signifikan di beberapa negara.

Pertumbuhan ini juga terjadi bersama dengan banyaknya regulasi baru di beberapa negara yang mulai menerima perkembang crypto.

Penggunaan ATM Bitcoin Tumbuh Pesat

Lebih dari 1.200 ATM Bitcoin baru dikabarkan telah disebarkan pada satu bulan terakhir menurut data dari coinatmradar.

Penggunaan ATM Bitcoin

Dengan angka tersebut, dikabarkan bahwa pertumbuhan yang tersebar berada pada 47 ATM Bitcoin per hari.

Sama dengan untuk uang fiat, ATM Bitcoin atau BTM, adalah platform yang digunakan untuk membeli atau menjual Bitcoin dan crypto lain dengan uang fiat atau kartu debit.

Sejak pertama kali diperkenalkan di Amerika pada Tahun 2014, saat ini terdapat sekitar 42.000 BTM hanya di Amerika.

Angka ini tidak mencerminkan seluruh BTM yang ada di dunia karena terdapat BTM lain di beberapa negara yang tersebar di seluruh dunia.

Contoh negara yang baru saja mengadopsi Bitcoin dalam regulasi sebagai alat tukar terbarunya adalah El Salvador.

Oleh karena regulasi baru ini, BTM telah resmi mulai masuk ke negara El Salvador yang dikabarkan telah mencapai lebih dari 200 BTM.

Komite Pendukung BTM

Beberapa pemimpin di dunia penerbit ATM Bitcoin dan industri blockchain baru saja membentuk komite bernama Cryptocurrency Compliance Cooperative (CCC).

Dikabarkan bahwa tujuan penciptaan komite tersebut adalah untuk mendorong kepercayaan dan keamanan dalam ATM Bitcoin.

Caitlin Barnett, Direktur dari Bidang Regulasi dan Kepatuhan terhadap Pemerintah di Perusahaan Chainalysis menyatakan,

“Kurangnya kepatuhan terhadap regulasi dan tingginya kegiatan ilegal di industri ini telah membuat reputasi ATM Bitcoin semakin buruk. Kami sangat antusias untuk mendukung inisiatif ini untuk menciptakan kembali kepercayaan terhadap ATM Bitcoin. Selain itu kami juga ingin mendorong kebebasan finansial dengan risiko lebih kecil.”

Operator ATM Bitcoin, DigitalMint dan Coinsource bersama Chainalysis dan beberapa pihak lainnya akan tergabung dalam komite ini.

Baca juga: Adopsi Kripto Meningkat, Kini Ada Lebih dari 28.000 ATM Bitcoin di Dunia

Tujuan utamanya telah dikonfirmasi sebagai cara untuk menciptakan lingkungan yang lebih aman untuk seluruh pengguna BTM.

Selain itu, tujuan utamanya adalah untuk memperkenalkan dunia konversi fiat ke crypto dengan cara memperkuat kepatuhan terhadap regulasi.

 Hal ini disebabkan persepsi kurangnya kepatuhan dimana menurut Komisi Investigasi New Jersey, 75% BTM di sana, telah memperbolehkan transaksi tanpa pengenalan identitas.

Walau memang mendukung desentralisasi, kondisi tersebut membuat beberapa kekhawatiran di masyarakat.

Sehingga komite ini ingin menghilangkan kekhawatiran tersebut dan secara bersamaan masih menjaga sifat desentralisasi dari Bitcoin dan crypto.

BTM ini nantinya dapat mempermudah akses untuk jual beli crypto kepada lebih banyak masyarakat.

Masyarakat tersebut terutama adalah yang tidak memiliki akses terhadap bursa umum dan aplikasinya seperti Coinbase atau Binance.

Selain itu, ATM Crypto mempermudah konsumen untuk memiliki Bitcoin dengan fiat terutama untuk pihak yang tidak dapat memiliki akses kepada bank.

Oleh karena itu, ke depannya semakin banyak BTM yang beredar, seharusnya pertumbuhan crypto juga akan semakin besar.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Naufal Muhammad

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.