Pengembang yEarn Finance: Proyek 100% Aman

Wafa Hasnaghina

22nd August, 2020

Andre Cronje, pencipta dari yEarn.Finance baru-baru ini membuat audit keamanan proyeknya tersedia untuk umum dan mengatakan sistem dalam proyek ini sangat aman.

Laporan audit ini sebenarnya telah selesai dari beberapa bulan yang lalu, tetapi baru sekarang dirilis kepada publik terkait erat dengan kekhawatiran Andre Cronje dalam memberikan penggunanya rasa aman palsu.

Baca juga: Nilai Token yEarn Finance (YFI) Berhasil Melampaui Nilai Bitcoin!

Pada 20 Agustus 2020 lalu, Cronje menerbitkan lima audit pada repositori GitHub. Audit tersebut dilakukan antara bulan Februari hingga Juli oleh auditor terkemuka, Certik dan Quanstamp. 

Terdapat identifikasi kerentanan dalam sistem yang sebenarnya memang merupakan pemrograman dari sistem ini. 

“Jika Anda memberikan pinjaman, selalu ada risiko ada lebih banyak aset yang dipinjam daripada likuiditas yang tersedia untuk dapat ditarik.”

Dia juga menambahkan bahwa proyek DeFi besar lainnya seperti Compound dan Aave juga memiliki kerentanan tersebut. Cronje memutuskan mempublikasikan hasil audit tersebut sebagai bukti bahwa ia telah menyerahkan kodenya kepada pengawas eksternal. 

Kekhawatiran dari komunitas kripto datang terlebih baru-baru ini terdapat proyek DeFi yang harus ditutup selamanya karena permasalahan bug. Hal ini terjadi karena proyek tersebut dirilis sebelum audit eksternal dilakukan. 

Baca juga: Kunci $400 Juta dalam Protokol, Token DeFi YAM Finance Temukan Bug

Informasi ini disunting dan diolah kembali dari Cointelegraph