Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Nilai Token yEarn Finance (YFI) Berhasil Melampaui Nilai Bitcoin!

Wafa Hasnaghina     Friday, August 21 2020

Sistem Keuangan Terdesentralisasi (Decentralized Finance atau DeFi) dan Yield Farming terus berkembang di industri kripto, hal ini membuat harga YFI, token asli dari protokol DeFi yEarn.finance membuat grafik parabolanya dan berhasil melampaui harga Bitcoin dengan nilai lebih dari $1000. Hal ini menjadikan YFI sebagai aset kripto termahal di pasar saat ini.

1 YFI = 1.22 BTC

Menurut data dari Coinmarketcap, token DeFi yearn.finance ini diperdagangkan di harga sekitar 14.400 dan terus melonjak menuju all-time-high barunya. Sedangkan, jika dibandingkan dengan Bitcoin/USD nilainya berada di kisaran 11.800 saat artikel ini ditulis.

Jika dipasangkan dengan BTC, harga satu token yEarn mencapai nilai sekitar 1.22 BTC dalam 24 jam terakhir ini. Ini menjadikannya token di dunia mata uang kripto yang mampu melampaui nilai BTC setelah yang pertama pernah ditorehkan oleh token ZCash pada 2016 silam.

Apa itu YFI?

Andre Cronje merilis protokol DeFi yEarn.Finance pada 17 Juli 2020 lalu sebagai platform yield farming yang dibangun di atas jaringan Ethereum. Platform ini membantu penggunanya dalam mendapatkan return atau keuntungan terbaik dari aset kripto yang dimiliki untuk digunakan sebagai pinjaman.

Seperti banyak proyek kripto lainnya, token YFI ini merupakan token asli dari protokol yEarn.finance ini. 

Proyek dan token yang dengan cepat berkembang dan menjadi populer di kalangan penggemar kripto ini membuat pertumbuhan dalam nilai aset secara besar-besaran yang akhirnya berdampak pada harga dari token YFI sendiri. 

Hal ini sangat berbanding terbalik dari respon pertama yang yEarn.finance hadapi ketika perilisan dilakukan. Saat itu, komentar negatif mengenai kelangsungan token ini banyak dipertanyakan oleh para penggemar kripto, bahkan beberapa orang beranggapan token ini “tidak akan bernilai apa pun”. Namun, sepertinya hal itu tidak berpengaruh pada pertumbuhan proyek ini.

Token YFI Dipecah Jadi Unit Kecil

Momentum pertumbuhan YFI secara drastis ini dilatarbelakangi alasan bahwa token ini hanya memiliki pasokan terbatas dengan jumlah keseluruhan hanya 30.000 token. Dengan alasan inilah, nilai YFI yang berkisar 0 USD menjadi lebih dari 12.000 USD dengan lebih dari 825 juta USD terkunci dalam proyek.

Dalam perkembangan lebih lanjut, anggota tata kelola yEarn.finance membuat beberapa perencanaan untuk mengurangi efek seiring dengan berjalannya proyek dan juga harga dari token YFI sendiri. Salah satu usulannya adalah melakukan pemecahan nilai menjadi 1:10. Artinya 1 token YFI akan menjadi 10 unit kecil token tersebut. 

Jika rencana ini diterima dan dilaksanakan, para pemilik YFI sekaligus komunitas dari yEarn.finance akan melihat pemecahan token ini menjadi 10 unit kecil token YFI. Selain itu, ada juga yang mengusulkan untuk menambah pasokan token yang ada mencegah dari inflasi terlalu tinggi.

Informasi ini dapat dibaca kembali di sini