Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Pendiri Ripple Jual $400 Juta XRP, Investor Diharap Waspada!

Naufal Muhammad     Wednesday, January 6 2021

Salah satu pendiri Ripple dikabarkan telah berhasil menjual XRP senilai $400 juta. Penjualan ini membuat kecurigaan jika salah satu penyebab harga Ripple terus turun adalah pendirinya yang menjual dan menguasai XRP.

Salah Satu Pendiri Ripple Menjual $400 Juta XRP

Jed McCaleb adalah salah satu pendiri Ripple yang dikabarkan mengalami keuntungan besar di 2020 akibat XRP. Arsitek dari Ripple ini dikabarkan mendapatkan keuntungan sekitar $411 Juta pada tahun 2020 dalam analisis yang dibentuk oleh Whale Alert.

McCaleb menjual 1,2 Miliar XRP sepanjang 2020 dengan rata-rata harga $0,34 dan membuat keuntungan hingga hampir setengah miliar Dolar Amerika. Jumlah tersebut mencerminkan 27% dari kepemilikan XRP McCaleb.

Baca juga: Litecoin Geser XRP dalam Kapitalisasi Pasar, Ini Penyebabnya

Kepemilikan tersebut adalah hasil dari kesepakatan kerja sama yang dibentuk dengan Ripple Labs. Ia dikabarkan telah menjual sekitar 1 Miliar XRP dalam lima tahun, antara 2014 hingga 2019.

Perkiraan dari Whale Alert menyatakan bahwa saat ini kepemilikan XRP yang sudah dan belum dilikuidasi oleh McCaleb adalah sekitar $1,2 Miliar. Ini membuatnya menjadi salah satu orang terkaya di dunia crypto.

Investor XRP Makin Jengkel

Penjualan yang dilakukan di Tahun 2020 telah membuat banyak pihak curiga akibat adanya kemungkinan informasi ekslusif. Hal ini disebabkan XRP yang saat ini turun sangat drastis yang membuat banyak kecurigaan bahwa terjadi informasi yang asimetris atau insider trading.

Saat ini Ripple sedang mengalami tuntutan hukum dari SEC dan beberapa investor besar yang ikut dalam pendanaan Series C di 2019.

Sehingga informasi dan waktu penjualan XRP McCaleb membuat banyak dugaan bahwa Ripple sudah mengetahui bahwa tuntutan akan datang dan harga akan turun.

Baca juga: XRP Makin Terpuruk, Adakah Harapan Untuk Bangkit?

Akibatnya banyak investor dan pemilik XRP yang saat ini sedang jengkel terhadap pihak Ripple. Inti utamanya adalah akibat penjualan XRP McCaleb yang dianggap sebagai informasi orang dalam atau insider trading sehingga merugikan banyak pihak saat ini.

Penggerak Pasar

Kritik lainya juga datang akibat kepemilikan XRP yang ada di dompet McCaleb. Hal ini disebabkan ia dikabarkan menerima sekitar 9,5 Miliar XRP saat keluar dari Ripple Labs di 2014.

Tetapi saat itu salah satu pendiri Ripple ini juga menandatangani perjanjian bahwa terdapat batas penjualan XRP yang bisa ia lakukan per minggunya. Perjanjian ini dilakukan agar McCaleb tidak bisa sesuka hati menggerakkan pasar akibat kepemilikan XRP yang besar.

Namun walau menerima kritik yang cukup banyak, McCaleb terus meyakinkan investor bahwa depresiasi harga yang terjadi saat ini bukan akibat kepemilikannya.

Baca juga: Kisah Ripple di Amerika: Dari Rekan Berujung Perang

Tetapi yang membuat kekhawatiran dan kritik terus muncul adalah perjanjian tersebut yang masa berlakunya akan habis di 2023.

Sehingga ada kemungkinan bahwa setelah 2023 McCaleb dapat menggerakkan pasar jika tidak memedulikan Ripple lagi. Saat ini kepemilikan XRP McCaleb adalah pada 652,1 Juta XRP atau sama dengan $147 Juta.

Whale Alert terus mengingatkan bahwa risiko kekuasaan pendiri Ripple di pasar XRP masih sangat besar. Sehingga Whale Alert selalu meminta investor untuk tetap waspada terhadap McCaleb.

Artikel selengkapnya dapat dibaca di sini