Penambang Bitcoin Raih Rekor Pendapatan Tertinggi, Berapa Jumlahnya?

Anisa Giovanny

20th March, 2021

Penambang Bitcoin (BTC) meraup rekor pendapatan tertingi di tengah reli harga saat ini.

Pendapatan yang dihasilkan rata-rata hingga $52,3 juta per hari, atau setara dengan Rp755 juta menurut buletin oleh platform kriptometrik Glassnode, yang diterbitkan pada hari Senin.

Pada saat yang sama, bagan Glassnode menunjukkan bahwa setiap hari, keuntungan penambang telah meningkat secara signifikan.

Baca juga: Apa itu Penambangan Bitcoin atau Mining Bitcoin?

Sebagai contoh, keuntungan harian penambang Bitcoin tertinggi sepanjang masa saat ini adalah $64,7 juta setara dengan Rp934 juta yang terjadi pada 14 Maret.

Dalam bulan ini saja, penambang juga memperoleh $ 54,6 juta pada 3 Maret, $ 57,7 juta pada 10 Maret, dan hampir  $60 juta pada 12 Maret.

Ini termasuk ke dalam hari-hari terbaik bagi para miner Bitcoin. Total pendapatan penambang diperoleh dari menggabungkan hadiah blok dan biaya transaksi.

Meski rekor pendapatan membuat miners senang, tapi menurut analis dari Glassnode, Checkmate menjelaskan pada Decrypt jika rata-rata pendapatan itu perlu dihitung menggunakan rata-rata pergerakan 14 hari. 

“Rata-rata selama periode kesulitan yang lain itu tidak setara dengan realitas berkelanjutan, sebab ini dapat dipengaruhi oleh beberapa blok yang diselesaikan dengan cepat  dan ini  tidak mewakili pendapatan sebenarnya dari waktu ke waktu,” katanya kepada Decrypt.

Penambang Bitcoin menghasilkan $ 64,7 juta hanya dalam satu hari Gambar: Glassnode

Rekor Disebabkan oleh Halving 2020

Dalam buletinnya, dia juga menunjukkan bahwa pendapatan tinggi seperti itu adalah prestasi yang mengesankan, terutama mengingat hadiah blok penambang Bitcoin dikurangi setengahnya  dari 12,5 BTC menjadi 6,25 BTC pada Mei 2020.

Karena pengeluaran penambang biasanya dalam mata uang fiat, sangat penting agar keuntungan mereka tidak turun tajam, sehingga mereka dapat terus mendukung protokol Bitcoin.

Sejak halving tahun 2020, keuntungan penambang berkisar sekitar 1.000 BTC per hari. Sebagian besar berasal dari subsidi blok 900 BTC per hari.

Sementara itu, pendapatan dari biaya transaksi secara konsisten berfluktuasi antara 75 hingga 125 BTC sehari.

Seperti yang dilaporkan Decrypt, penambang juga telah meningkatkan penjualan Bitcoin mereka sejak cryptocurrency memulai reli harga yang sedang berlangsung.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency