Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Apa itu Bitcoin Halving?

Dhila Rizqia     Thursday, July 4 2019

Bitcoin Halving adalah peristiwa di mana reward block dikurangi setengahnya. Halving terhadap reward block ini terjadi setiap 210,000 blok.

Halving ini hanya akan terjadi saat setengah dari suplai koin sudah berada dalam peredaran. Halving akan terulang ketika setengah lagi dari sisa suplai koinnya sudah berada dalam peredaran, dan terus seperti itu dalam jangka waktu 4 tahun sekali sesuai dengan kodenya.

Artikel terkait: Apa itu Litecoin Halving

Halving reward blok Bitcoin berikutnya diperkirakan akan terjadi pada bulan Mei 2020. Jumlah reward Bitcoin sekarang ini adalah 12.5 coin yang mana setelah halving akan berkurang setengahnya, menjadi 6.25 coin.

Simak video penjelasannya berikut ini

bitcoin halving

Sumber: Bitcoinblockhalf.com

Poin Penting
  • 🔍 Kenapa Bitcoin halving terjadi?

    Setelah setiap 210.000 blok, Bitcoin melewati proses yang disebut "halving" Mekanisme ini diintegrasikan ke dalam protokol oleh Satoshi Nakamoto sendiri. Setelah protokol melewati "halving," itu memotong pasokan Bitcoin baru menjadi dua, mengurangi separuh hadiah produksi blok miner juga.

  • 📁 Berapa kali akan terjadi Bitcoin halving?

    Pada bulan May 2020, reward akan dibagi dua lagi menjadi 6,25 BTC. Halving akan terus terjadi setiap empat tahun atau lebih sampai Bitcoin terakhir dimining.

  • 🛠 Berapa banyak Bitcoin yang tersisa?

    Saat ini ada 18.209.525 bitcoin yang ada. Angka ini berubah setiap 10 menit ketika blok baru ditambang. Saat ini, setiap blok baru menambahkan 12,5 bitcoin ke dalam sirkulasi.

  • ⚙️ Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mining Bitcoin?

    Rata-rata, satu Bitcoin ditambang setiap 10 menit. Saat ini, reward yang diberikan saat ini adalah 12,5 Bitcoin tetapi akan berubah karena halving. Kecepatan mining sangat tergantung pada peralatan yang Anda gunakan.

  • 🔑 Apa hardware tercepat untuk mining Bitcoin?

    Bitmain Antminer S9 adalah salah satu perangkat keras mining Bitcoin terbaik yang tersedia di pasaran saat ini. Ini memiliki tingkat hash tertinggi sekitar 14 TH/detik

  • ⚖️ Faktor apa yg mempengaruhi harga Bitcoin?

    Apa yang menentukan harga bitcoin? Harga bitcoin ditentukan oleh supply dan demand. Ketika permintaan bitcoin meningkat, harga naik, dan ketika permintaan turun, harganya turun.

  • 💰 Apakah bisa beli Bitcoin hanya dengan Rp10,000

    Bisa, namun di setaip exchange rata-rata minimal pembelian adalah Rp50,000

  • ⌛️ Apakah Bitcoin akan mati?

    Bitcoin akan mati ketika semua Bitcoin telah habis dimining yang akan memakan waktu yang cukup lama

Artikel Terkait

 Lihat Lebih