Berita Blockchain · 8 min read

Pemerintah Upayakan Potensi Ekonomi Digital Nasional Melalui Teknologi Blockchain

At The Table ABI

Coinfest Asia 2023 telah sukses diselenggarakan pada 24-25 Agustus 2023 di Jimbaran, Bali.

Acara utama yang berlangsung selama dua hari itu kehadiran lebih dari 100 pembicara, 4.000 peserta yang datang lebih dari 50 negara, dan didukung lebih dari 30 perusahaan dari industri web2 dan web3. 

Kesuksesan acara Coinfest Asia 2023 ini juga diikuti oleh acara pendukung yang berlangsung sebelum dan sesudah Coinfest, salah satunya adalah acara At The Table (ATT) yang diselenggarakan Asosiasi Blockchain Indonesia (ABI), dan juga Asosiasi Pedagang Aset Kripto Indonesia bersama Upbit bertajuk “Blockchain Policy Unplugged: Driving the Digital Economy Forward”. 

“Kami merasa sangat terhormat dan berterima kasih dapat bekerja sama dengan Asosiasi Blockchain Indonesia dan Asosiasi Pedagang Aset Kripto Indonesia dalam menghadirkan talkshow edukatif ini. Untuk kedepannya kami terus mendukung langkah langkah yang diambil oleh regulator dan asosiasi baik dalam hal apapun. Selain itu kami juga akan terus meningkatkan kinerja platform dan juga sistem kami, sehingga dapat mengimbangi permintaan pasar yang saat ini terus bertumbuh, ” tutup Resna Raniadi.

Acara At The Table tersebut membahas lebih dalam mengenai bagaimana peran pemerintah dalam menumbuhkan ekosistem digital di Indonesia, dengan menghadirkan regulator terkait sebagai panelis yaitu: Mohammad Rudy Salahuddin, MEM – Deputi Bidang Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian; Semuel Abrijani Pangerapan, BSc., M.M, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Online); Muhammad Neil El Himam, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif; Dr. Didid Noordiatmoko, MM., Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). 

Baca juga: Bappebti Resmi Dirikan Bursa Kripto Indonesia!

Poin Pembahasan At The Table

At The Table juga menghadirkan beberapa poin pembahasan menarik dari masing-masing bagian pemerintah dalam bagaimana mereka berupaya mendorong potensi ekonomi digital nasional.

Beberapa langkah strategis yang telah ditempuh di antaranya dengan melakukan pengendalian aset digital yang dilakukan oleh Bappebti dan juga pembentukan bursa berjangka komoditi kripto, bursa kliring, dan depository oleh pemerintah yang diharapkan dapat memberi perlindungan terhadap masyarakat.

Dalam forum diskusi tersebut, para regulator terkait memaparkan program-program yang dijalankan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi digital.

Kemenparekraf juga menjelaskan langkah konkret yang dilakukan dalam mendukung ekonomi digital dengan memfasilitasi berbagai kemudahan bagi para kreator mendapatkan nilai lebih untuk produknya.

Langkah ini dilakukan melalui program andalan Lab NFT 10 minggu yang dilakukan di Bentara Budaya guna memberi siswa pemahaman mendalam tentang aspek teknis dan bisnis NFT. 

“Kami juga melihat langkah nyata dan mengapresiasi usaha yang dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam membangun pemerataan infrastruktur digital di seluruh Indonesia dengan uji coba 5G dan optimasi 4G serta satelit di daerah tertinggal guna memastikan pemahaman literasi digital masyarakat merata di seluruh Indonesia,” kata Resna Raniadi.

Baca juga: Kemenparekraf Optimis Web3 Bisa Dorong Pariwisata di Indonesia

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.