Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Berita Regulasi · 7 min read

Pemerintah Minta Wallet Crypto Facebook Ditutup Walau Baru Diluncurkan

Pemerintah Minta Wallet Crypto Facebook Ditutup Walau Baru Diluncurkan

Facebook telah bekerja sama dengan Paxos dan Coinbase untuk meluncurkan wallet crypto dalam rangka mendorong adopsi dan pertumbuhan crypto.

Wallet tersebut bernama Novi, dan saat ini proyek tersebut masih berada dalam fase peluncuran awal karena masih dalam uji coba di kelompok kecil.

Sayangnya, peluncuran wallet ini mengalami hambatan akibat adanya beberapa permintaan dari pemerintah Amerika untuk menghentikan proyek tersebut.

Facebook Meluncurkan Wallet Novi

Saat ini wallet tersebut masih tersedia untuk Amerika saja dan beberapa negara kecil di Amerika Latin.

Novi akan mempermudah pengguna untuk mengirim dan menerima Dollar Amerika yang diterbitkan Paxos, yang juga telah diregulasi oleh pemerintah.

Penjaga dana atau kustodian yang membantu transaksi tersebut untuk terjadi adalah Coinbase, salah satu bursa terbesar di dunia.

Facebook menjelaskan bahwa peluncuran wallet ini adalah kelanjutan dari rencana penciptaan cryptonya yaitu DIEM.

Inovasi ini merupakan cara Facebook untuk mengayomi masyarakat yang tidak diterima oleh bank, untuk memperluas akses ke dalam sektor keuangan.

Masyarakat yang ditargetkan tersebut berada pada 1,7 Miliar masyarakat di seluruh dunia, sehingga ke depannya teknologi ini tidak hanya beredar di Amerika saja.

Selanjutnya Facebook juga menyatakan bahwa mereka masih dalam rencana untuk meluncurkan jaringan Blockchainnya sendiri untuk mengayomi DIEM.

Saat ini seluruh fokus masih ditujukan untuk mendapatkan status legalitas dalam penerbitan seluruh proyeknya terkait crypto.

Hambatan Pemerintah

Sayangnya inovasi ini masih dihambat oleh pemerintah akibat adanya 5 senator yang meminta Facebook untuk menghentikan operasional walletnya.

Elizabeth Warren adalah salah satu dari lima senator tersebut yang menyatakan kepada CEO Facebook, Mark Zuckerberg, untuk menghentikan wallet Novi. Terdapat pernyataan,

“Melihat skandal di sekitar Facebook, kami sangat menolak peluncuran crypto dan wallet digital dari Facebook yang dinamakan Diem dan Novi.”

Pernyataan ini muncul pada 19 Oktober 2021 setelah peluncuran resmi dari Novi, wallet yang akan digunakan untuk transaksi ekosistem crypto Facebook.

Pernyataan tersebut datang dari Senator Brian Schatz yang ditandatangani juga oleh Tina Smith, Richard Blumenthal, Sherrod Brown, dan Elizabeth Warren.

Pihak-pihak tersebut adalah pihak dari pemerintah dan juga pihak dari komite perbankan Amerika yang bertugas utama mengawasi sektor keuangan Amerika.

Mereka menyatakan bahwa Facebook telah membuat banyak keputusan bisnis yang merugikan pengguna jasanya. Pernyataan tersebut berbunyi,

“Facebook tidak dapat dipercaya untuk mengelola sistem pembayaran atau mata uang digital karena telah dianggap tidak dapat mengelola risiko dan menjaga keamanan konsumen.”

Dalam surat pernyataan, pihak Facebook menyatakan bahwa peluncuran proyek ini tetap akan menunggu persetujuan dari pemerintah.

Sehingga nampaknya untuk saat ini Facebook masih belum akan melawan pemerintah, namun masih berusaha untuk membuat persetujuan.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Naufal Muhammad

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.