Upgrade Ethereum 2.0 Ditunda, Begini Kronologinya

Rossetti Syarief

18th April, 2022

Tim Beiko, seorang ilmuwan komputer yang mengkoordinasikan pengembangan Ethereum, mengatakan bahkan upgrade Ethereum 2.0 yang membawa transisi Ethereum Proof-of-Work ke Proof-of-Stake harus ditunda. 

Padahal, pembaruan tersebut sangat dinanti-nanti komunitas. Menurut kabar terakhir, transisi yang dijanjikan pengembang akan selesai beberapa bulan setelah kuartal 2 berakhir.

Simak artikel ini untuk mengetahui kronologinya

Upgrade Ethereum 2.0 Ditunda

Gagasan transisi konsensus PoW ke PoS pada upgrade Ethereum 2.0 yang dibawa Vitalik Buterin, memang mendapat antusias yang besar dari pengguna. Mekanisme PoS dianggap lebih efisien daripada PoW yang membutuhkan banyak energi.

Namun sayang, Tim Beiko salah satu pengembang dalam Ethereum harus menyatakan bahwa pembaruan yang diantisipasi banyak orang itu sepertinya akan berjalan lambat. 

Meski dijanjikan beberapa bulan setelah bulan Juni, hingga saat ini tanggal pasti peluncurannya belum juga dipastikan.

“Itu tidak akan terjadi pada bulan Juni, tetapi kemungkinan dalam beberapa bulan setelahnya. Belum ada tanggal pasti, tapi kami pasti berada di bab terakhir PoW di Ethereum.” Ungkapnya yang juga melampirkan progres berupa timeline.

Tak lama setelah timeline itu dirilis, cuitan tersebut mendapatkan berbagai reaksi komunitas. Ada yang mendukung, namun tak sedikit juga yang nyinyir. Tim Beiko dengan cepat memberi konfirmasi dengan mengatakan,

“Akan sulit untuk mengurai kemajuan ‘The Merge’ ketika Anda tidak mendalami prosesnya.”

Untuk menjelaskan konteks yang ia maksud lebih lanjut, pengembang menerbitkan posting blog dengan ikhtisar yang lebih dalam.

Menurutnya, tanggal ‘tertentu’ tidak akan ditetapkan sampai pihak klien yakin bahwa implementasi shoftware telah diuji secara menyeluruh dan terbebas dari bug.

Inti dari tahap terakhir ini adalah uji coba jaringan public testnet seperti Kiln dan peluncuran shadow fork yang memungkinkan pengembang untuk menguji berbagai implementasi terkait PoS di jaringan.

Ethereum Luncurkan Shadow Fork

Meski pembaruan Ethereum 2.0 ditunda, kabar baiknya adalah awal pekan ini shadow fork mainnet resmi diluncurkan dan akan berfokus untuk memeriksa software di masa depan.

Parithosh Jayanthi selaku pengembang Ethereum Foundation mengatakan bahwa fork tersebut akan menambahkan bidang terkait dengan konfigurasi testnets yang ada.

Sementara itu, menurut laporan blok shadow fork terbaru, terdapat lebih dari 2.231.000 transaksi telah diproses. Ini juga memiliki lebih dari satu juta wallet address terdaftar, serta lebih dari 14,5 juta blok yang masing-masing dengan waktu produksi 13,1 detik.

Baca juga: Ethereum 2.0 Dilaporkan Memproses Lebih Banyak Transaksi

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.