Diprediksi Pimpin Industri Teknologi, Ini 5 Pekerjaan di Metaverse Teratas

Rossetti Syarief

24th April, 2022

Secara sederhana, Metaverse adalah ruang digital yang diwakili oleh representasi digital dari seseorang, suatu tempat, dan sebuah benda.

Dengan kata lain, ini adalah dunia digital dengan orang-orang nyata yang diwakili oleh objek digital. Usut punya usut, pekerjaan di ruang Metaverse sedang marak di cari di era ini.

Pengembang, insinyur, dan inovator di seluruh dunia sedang berlomba-lomba mencari cara agar keahlian mereka pantas menjadi bagian dalam apa yang disebut Mark Zuckerberg sebagai ‘New North Star‘.

Baca juga: Mengenal Metaverse, Karakteristik, Cara Kerja, dan Ragam Kegiatannya

Berikut ini adalah 5 pekerjaan teratas dalam Metaverse yang diprediksi akan menguasai industri teknologi:

Software Engineer 

Perkembangan teknologi akan mengubah cara pengguna di generasi berikutnya untuk terhubung dan berinteraksi satu sama lain, perusahaan teknologi dan game tentunya diminta untuk menyesuaikan perkembangan era tersebut dengan bantuan Software Engineer. 

Untuk hal yang sama, Metaverse juga membutuhkan Software Engineer yang akan berperan dalam melakukan pengembangan, pemeliharaan, pengujian, dan evaluasi pada ranah tersebut.

Dengan keterampilan mengelola system design skala besar, jaringan dan penyimpanan data, AI, pencarian informasi, desain UI dan UX, dan keahlian lainnya yang sekiranya relevan, apakah kamu berminat untuk serius terjun di bidang ini dan bekerja dalam Metaverse di masa depan?

Desainer Game

Dilansir Tech Gig, desainer game akan menjadi pekerjaan yang tren di masa depan. Selain semakin banyak orang yang akan menggemari game, perkembangan teknologi juga memungkinkan para pemain game untuk mendapat pengalaman dan sejumlah uang bernominal tinggi. 

Sebut saja game play to earn Axie Infinity. Menurut pengakuan seorang karyawan Goldman Sachs, bermain Axie menghasilkan cuan yang lebih tinggi daripada bekerja sebagai karyawan perusahaan bank investasi dan jasa keuangan tersebut.

Sebagai desainer game yang dibutuhkan Metaverse adalah mereka yang menguasai prototyping hingga mengurusi pengiriman games VR.

Baca juga: Main Axie Infinity Lebih Cuan dari Gaji Karyawan Goldman Sachs

Ahli Strategi NFT

Dengan kepopularitas Metaverse, NFT atau Non-Fungible Token juga akan menerima dampaknya. Ketika itu, dibutuhkan banyak orang yang ahli untuk menciptakan konsep dari pengembangan  tersebut.

Jika untuk bisa bekerja sebagai Ahli Strategi NFT, kamu harus punya ilmu mendalam terkait teknologi blockchain, bisa menciptakan program sekaligus menganalisa tren untuk membuat strategi yang menarik pengguna dan mendorong engagement dalam sektor.

Blockchain Engineer

Blockchain Engineer adalah seseorang yang akan mengerjakan implementasi dan pembuatan blockchain digital untuk perusahaan. Blockchain Engineer idealnya akan mendesain, melakukan uji coba, dan mengatur sistem software dalam platform blockchain.

Jika kamu tertarik bergabung, kamu harus memiliki pengetahuan yang baik tentang alat pemrograman dan pemahaman tentang ekosistem yang terdesentralisasi. Pekerjaan ini biasanya akan bekerja sama dengan Software Engineer untuk membantu mereka mengembangkan software.

Product Manager

Product Manager yang bekerja di perusahaan Metaverse akan bertanggung jawab dalam  hal memasarkan pengalaman yang bisa didapatkan dari produk. Jika kamu tertarik, kamu akan terlibat dalam fase strategi tapi fokus utamanya adalah membuat pengguna mengerti.

Fokus utama seorang product manager adalah memahami sudut pandang pengguna, mengumpulkan feedback dan mengetahui waktu yang tepat dalam merilis sesuatu.

Pekerjaan di Metaverse sepertinya akan menjanjikan potensi besar. Meski begitu, masalah privasi dan tantangan lain harus diperbaiki sebelum Metaverse menjadi arus utama.

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.