Berita Blockchain · 6 min read

NFT Aptos Akan Hadir, Siap Uji Skalabilitas Jaringan?

NFT Aptos akan Hadir

Aptos akan meluncurkan proyek NFT testnet ke mainnet pada minggu ini. 

Di tengah pertanyaan tentang throughput transaksinya, dapatkah Aptos membuktikan diri dalam menangani transaksi dalam skala besar tanpa hambatan? Berikut ini penjelasannya.  

Permasalahan Kecepatan Jaringan

Peluncuran Aptos dipenuhi dengan harapan yang cukup besar bagi komunitas dan investor, karena proyek ini mengklaim dapat menskalakan transaksi lebih dari 160.000 Transactions per Second (TPS). Namun setelah diluncurkan, Aptos belum berhasil membuktikan kecepatan transaksiknya.

Pada Senin (17/10/2022) Aptos hanya memproses empat transaksi per detik. Tak hanya itu, pada saat ini pun angka yang dikeluarkan hanya di kisaran 10 TPS, melansir dari Decrypt

Menanggapi hal tersebut, Co-Founder Aptos, Mo Shaikh memberikan pernyataan bahwa TPS saat ini hanya bersifat sementara dan peningkatan TPS akan terjadi jika memperbanyak aktivitas dengan meluncurkan NFT di mainnet blockchain Aptos. 

Proyek NFT Aptos 

Salah satu yang berperan penting dalam transaksi NFT di blockchain Aptos adalah Topaz. Ini adalah marketplace NFT yang memfasilitasi koleksi NFT Aptos. Topaz telah mencoba testnet Aptos untuk mencetak proyek NFT barunya, ia mengatakan bahwa pasar menerima lebih dari 1.000 aplikasi dari kreator.

Topaz memberikan pernyataan bahwa mereka telah memproses perdagangan senilai 12.000 APT (lebih dari $87.000), diikuti dengan 3.700 NFT terdaftar di platformnya. 

Mereka percaya bahwa bahasa pemrograman blockchain Move Aptos yang banyak dipuji akan menarik pengembang, juga game berbasis NFT akan terbukti menjadi kasus penggunaan yang menonjol di jaringan.

Sejauh ini NFT Aptos juga memiliki potensi yang lebih baik untuk perkembangan dan permintaan NFT yang tinggi.

Baca juga: Aptos Resmi Diluncurkan! Saingan Baru Solana?

Proyek NFT Aptos. Sumber: Gizmo Times
Proyek NFT Aptos. Sumber: Gizmo Times

Tetapi dapatkah mereka menangani permintaan potensial dari ribuan investor yang semuanya berlomba-lomba untuk membeli NFT sekaligus?

Berdasarkan kondisi saat ini belum ada bukti kuat untuk menguji kemampuan mainnet Aptos dalam hal transaksi jaringan, sehingga transaksi Aptos yang selama ini dijadikan nilai lebih, baru akan terbukti ketika blockchain ini berhasil menggaet ribuan atau bahkan ratusan transaksi.

Baca Juga: Jelang Piala Dunia 2022, Fans Bisa Dapetin Koleksi NFT FIFA!

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Nabiila Putri Caesari

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.