Minat Ethereum dari Ritel dan Institusi Terus Naik! Ini Buktinya

Naufal Muhammad

9th July, 2021

Mendekati pembaruan jaringan Ethereum (ETH) yaitu London Hard Fork, banyak minat yang terlihat muncul dalam angka yang besar.

Hal ini disebabkan adanya pembaruan jaringan yang dikabarkan akan membuat Ethereum lebih efisien dari sisi blockchainnya serta lebih terbatas dari sisi persediaannya.

Ketertarikan ini terlihat datang tidak hanya dari investor ritel namun terlihat datang dari investor institusional.

Minat Ethereum Terus Naik

Setelah adanya kabar pembaruan tersebut, tidak dapat dipungkiri bahwa minat terhadap Ethereum mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Peningkatan ini terlihat terjadi dalam beberapa pekan terakhir yang juga mulai memunculkan perdebatan antara pendukung Bitcoin dan Ethereum.

Saat ini banyak terjadi perdebatan mengenai flippening dimana banyak yang menyatakan bahwa Ethereum dapat mengalahkan Bitcoin dalam segi kapitalisasi pasar.

Hal ini disebabkan pendukung Ethereum merasa kegunaan Ethereum lebih banyak dan ditambah dengan persediaannya yang akan terbatas.

Dengan persediaan yang terbatas, Ethereum menjadi lengkap sebagai blockchain terbuka yang fungsional serta sebagai alat penyimpan kekayaan akibat keterbatasannya.

Ketertarikan ini juga terus terlihat naik yang terbukti dari meningkatnya penciptaan jumlah wallet berbasis Ethereum dalam satu bulan terakhir.

Terlihat bahwa dalam satu bulan terakhir, jumlah wallet berbasis Ethereum mengalami apresiasi dalam angkanya yang mencapai 5,37 Juta alamat wallet baru.

Angka tersebut berarti peningkatan alamat baru sebesar 173 Ribu alamat per hari, yang memperlihatkan tingginya ketertarikan baru terhadap Ethereum.

Saat ini, Ethereum sendiri memiliki alamat wallet sebanyak 162,2 Juta, tertinggi dibanding blockchain altcoins lainnya, yang menandakan tingginya ketertarikan oleh investor.

Kenaikan ini juga didukung oleh adanya proses staking untuk menjadi validator pada Jaringan Ethereum 2.0.

Untuk menjadi validator, seorang staker harus melakukan staking Ethereum minimal 32 Ethereum, yang merupakan angka yang cukup besar.

Jika digabungkan dengan sistem baru yang akan membuat Ethereum jumlahnya terbatas, semakin banyak validator, maka Ethereum yang beredar juga akan semakin langka.

Kondisi ini yang juga menjadi salah satu penyebab mengapa saat ini minat terhadap Ethereum terus meningkat.

Investor Institusional Terlihat Tertarik

Minat ini tidak hanya terjadi pada investor ritel, namun juga terlihat terjadi dan meningkat pada investor institusional.

Saat ini salah satu institusi keuangan yang terlihat tertarik terhadap Ethereum adalah Goldman Sachs, salah satu perusahaan keuangan di dunia.

Goldmans Sachs menjadi salah satu institusi keuangan yang percaya bahwa Ethereum memiliki kegunaan yang cukup besar di dunia digital.

Perusahaan menyatakan bahwa Ethereum akan mendominasi dunia digital jika perkembangannya terus terjadi.

Selain itu, perusahaan ini juga percaya bahwa dalam beberapa waktu ke depan kapitalisasi pasar Ethereum dapat mengalahkan Bitcoin.

Namun pernyataan tersebut dilengkapi dengan menyatakan bahwa Ethereum dapat mengalahkan Bitcoin dalam kapitalisasi pasar namun butuh waktu yang panjang.

Perlu diketahui bahwa pandangan ini juga bias akibat didasari oleh pernyataan pribadi perusahaan yang juga masih menganggap emas sebagai alat penyimpan kekayaan terbaik.

Namun dalam perdebatan Ethereum lawan Bitcoin, Godlman Sachs menjadi perusahaan yang terlihat mendukung Ethereum.

Perusahaan lain yang terlihat mendukung Ethereum adalah JP Morgan, yang menyatakan bahwa sistem staking akan mengalahkan sistem mining.

Pernyataan tersebut mereferensikan sistem operasional Blockchain Ethereum dan Bitcoin dimana JP Morgan percaya Ethereum dapat mengalahkan Bitcoin.

Perusahaan besar lain yang terlihat mendukung Ethereum adalah Meitu yang baru saja mengalami keuntungan dari Ethereum.

Dukungannya murni berdasarkan laporan keuangannya dimana Meitu melaporkan keuntungan Rp213,8 Miliar dari Ethereum dan kerugian Rp251,6 Miliar dari Bitcoin.

Masih banyak perusahaan dan institusi keuangan lain yang mendukung Ethereum sehingga memperkuat perdebatan antara dominasi Bitcoin dan Ethereum.

Namun, untuk saat ini Ethereum sendiri masih membuktikan bahwa ia adalah salah satu crypto tertua dengan perkembangan dan stabilitas yang baik di pasar crypto.

Sehingga untuk menyatakan kapitalisasi Ethereum akan terus naik adalah pernyataan yang sangat logis.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.