Berita Altcoins · 5 min read

Analis JP Morgan: Staking Kalahkan Mining, Ethereum akan Unggul

Analis di JP Morgan, salah satu institusi keuangan ternama di Amerika, baru saja menyatakan dukungannya terhadap Ethereum.

Ia menyatakan bahwa Ethereum akan mengalahkan Bitcoin karena sistem staking yang akan lebih efisien dibandingkan mining dari sisi penggunaan energi.

Analis JP Morgan Dukung Ethereum

Pernyataan tersebut muncul setelah analis tersebut menyatakan bahwa hasil staking telah menghasilkan pendapatan $9 Miliar atau Rp131,2 Triliun.

Pernyataan tersebut didasarkan oleh sebuah penelitian yang juga menyatakan bahwa Ethereum 2.0 nantinya akan mengalahkan adopsi terhadap blockchain berbasis Proof of Work.

Menurut Forbes, kondisi ini dapat mendorong penghasilan dari staking untuk naik hingga mencapai $20 Miliar atau Rp291,6 Triliun dan naik hingga $40 Miliar atau Rp583,2 Triliun di 2025.

Menurut analis tersebut, sistem staking akan lebih menguntungkan untuk adopsi crypto karena lebih ramah terhadap investor ritel bahkan institusi. Ia menyatakan melalui laporan bahwa,

“Tidak hanya staking memerlukan biaya yang lebih kecil dari segala aspek, keuntungannya juga dapat lebih menguntungkan.”

JP Morgan menyatakan bahwa pendapatan melalui staking akan terus meningkat dan akan naik secara signifikan hingga lebih dari 1.000% dalam beberapa tahun ke depan.

Laporan tersebut berlanjut dengan pernyataan analis tersebut yang menyatakan bahwa Staking dan Sektor DeFi akan lebih untung dari bank.

Analis tersebut memprediksi bahwa kemampuan untuk menggunakan crypto sebagai alat untuk mencari keuntungan secara pasif akan mendorong ekosistemnya untuk tumbuh.

Ethereum menjadi tujuan utama menurut analis ini akibat melihat pembaruan jaringannya dan juga ekosistemnya yang dapat dikatakan cukup besar.

Saat ini Ethereum masih menjadi blockchain dengan ekosistem terbesar di dunia crypto walau sedang mengalami penurunan partisipan akibat tingginya biaya.

Namun pembaruan menuju Ethereum 2.0 yang dikabarkan akan terjadi di 2022 membawa harapan baru untuk Ethereum tumbuh lagi.

Ethereum Diprediksi Ungguli Crypto Lain

Saat ini Blockchain awal Ethereum 2.0 telah berhasil mendapatkan dana staking sebanyak 6 Juta Ethereum, yang menandakan 5% dari seluruh persediaan Ethereum saat ini.

Dalam staking tersebut, keuntungan yang akan didapatkan adalah sekitar 6,4% per tahun saat ini, yang merupakan angka cukup tinggi.

Angka tersebut sangat jauh mengalahkan hasil keuntungan dari produk keuangan oleh institusi konvensional seperti bank.

Oleh karena itu, analis dari JP Morgan yakin bahwa kejayaan Ethereum akan kembali muncul terutama setelah pembaruan Ethereum 2.0.

Selain itu, analis tersebut menggarisbawahi bahwa pembaruan akan semakin kuat dengan adanya mekanisme burn dari Ethereum yang baru.

Mekanisme burn ini akan diterapkan setelah akhir Juli 2021 yang akan membuat persediaan Ethereum berkurang 1,4% per tahun.

Oleh karena itu, walau CEO JP Morgan masih menolak crypto, nampaknya analis-analisnya lebih yakin dan percaya bahwa Ethereum akan memimpin dunia crypto di masa depan.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Naufal Muhammad

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.