Microstrategy Tawarkan Bitcoin dalam Tabungan Pensiun Karyawan

Anisa Giovanny

27th April, 2022

Bitcoin maximalist dan CEO MicroStrategy, Michael Saylor baru saja mengumumkan akan menambahkan Bitcoin ke dalam daftar rencana tabungan pensiun karyawan.

Karyawan MicroStrategy nantinya dapat berinvestasi dalam cryptocurrency terbesar itu sebagai bagian dari rekening tabungan 401(k).

Pengumuman ini menyusul setelah Fidelity Investment, penyedia rekening tabungan terbesar di Amerika meluncurkan akun aset digital yang memberi perusahaan akses ke Bitcoin di dalamnya. 

MicroStrategy akan bekerja dengan Fidelity untuk memungkinkan karyawan menambahkan Bitcoin ke dana pensiun mereka.

Akun 401(k) memungkinkan karyawan mendapatkan keringanan pajak atas uang yang mereka sumbangkan dari gaji mereka untuk program pensiun.

“Bitcoin adalah properti digital dan menjadikannya aset yang sempurna untuk rencana pensiun, ini kurang berisiko daripada obligasi, saham, real estat komersial, daripada emas, “kata Saylor di CNBC.

MicroStrategy adalah perusahaan teknologi yang menyediakan perangkat lunak seluler dan layanan berbasis cloud untuk perusahaan. Ini juga memiliki banyak Bitcoin di neraca, hampir senilai $5 miliar, menurut Bitcoin Treasuries.

Baca juga: MicroStrategy Beli Bitcoin Gila-Gilaan! Rencana Tambah Dana Rp14,26 Triliun

Selain Microstrategy, ada tabungan pensiun dengan aset crypto di dalamnya juga akan tersedia untuk 23.000 perusahaan yang menggunakan Fidelity pada pertengahan tahun 2022.

Dengan aset senilai $11,3 triliun yang dikelola, dengan bergabungnya Fidelity ini bisa menjadi kabar baik tentangf adopsi kripto yang semakin luas, terutama di Amerika.

“Ada minat yang meningkat dari sponsor yang memungkinkan mereka memberikan akses kepada karyawan mereka ke aset digital dalam rencana kontribusi pasti, dan pada gilirannya dari individu dengan keinginan untuk memasukkan cryptocurrency ke dalam strategi investasi jangka panjang mereka,” kata Dave Gray, kepala penawaran dan platform pensiun tempat kerja di Fidelity Investments.

Crypto Tidak Dilarang untuk Tabungan Pensiun

Departemen Ketenagakerjaan US tidak melarang crypto untuk masuk ke bagian rencana pensiun menurut aturan yang dirilis bulan lalu, tetapi tetap mewanti-wanti para pekerja untuk bijaksana dalam menentukan sikap, sebab aset kripto masih sangat volatil dan berisiko tinggi.

“Investasi ini menghadirkan risiko dan tantangan signifikan bagi akun pensiun peserta, termasuk risiko penipuan, pencurian, dan kerugian yang signifikan,” kata departemen itu dalam rilis resminya.

Ia menambahkan bahwa mereka akan melakukan program investigasi yang ditujukan untuk rencana yang menawarkan crypto dan investasi terkait.

Baca juga: 5 Tips untuk Memulai Investasi Cryptocurrency

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency