Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Miami Pertimbangkan Bitcoin untuk Pajak dan Administrasi Negara

Naufal Muhammad     Thursday, February 4 2021

Francis Suarez, Walikota Miami, nampak ingin mengadopsi Bitcoin sebagai alat pembayaran di kota tersebut.

Ia baru saja membuat pernyataan bahwa Bitcoin dapat menjadi salah satu hal terbesar dalam sejarah bersama Forbes yang menyatakan bahwa langkah ini dapat membentuk Miami menjadi Silicon Valley kedua.

Miami Mengadopsi Bitcoin

Suarez akhir-akhir ini terlihat lebih aktif dalam perbincangan mengenai perkembangan kotanya. Baru-baru ini ia meluncurkan kampanye How Can I Help?”.

Kampanye ini dilakukan untuk mengumpulkan dana untuk perkembangan sektor industri teknologi di Miami. Ia mengatakan di Twitter,

“Kita secara resmi sudah meluncur! Liat https://t.co/DVPodgRCi3 untuk mengikuti pergerakan #MiamiTehMovement dan membeli baju kami. Jika tidak ingin membeli, mohon pertimbangkan untuk memberikan donasi pada landing page kami untuk mendanai Yayasan Igninte Innovation Technology Foundation! #HowCanIHelp”.

Baca juga: UNICEF Terima Donasi Melalui Bitcoin

Sejauh adopsi crypto untuk alat pembayaran, Suarez nampak masih mempertimbangkan walau belum secara signifikan.

Tiga Kemungkinan Cara Adopsi Bitcoin

Menurut beberapa laporan, Suarez memiliki tiga kemungkinan adopsi Bitcoin yang akan di lakukan di Miami.

Pertama, adopsi melalui pembayaran gaji dan administrasi pegawai dengan Bitcoin yang saat ini sedang dipertimbangkan walau perlu melalui beberapa proses legalitas.

Kedua, adalah melalui pembayaran pajak dengan Bitcoin yang kemungkinannya terlihat lebih besar akibat sudah adanya beberapa peraturan yang mempermudah eksekusi ini.

Baca juga: Senat Amerika Luncurkan Konferensi Inovasi Keuangan, Mengedukasi Crypto ke Pemerintah

Ketiga, adalah melalui investasi kepada dana masyarakat yang walau dapat menghasilkan keuntungan, memiliki risiko yang cukup tinggi akibat volatilitasnya.

Apakah Miami Cocok Investasi Bitcoin?

Suarez tidak mempublikasikan berapa besar dana yang akan diinvestasikan dan juga rencana ke depannya mengenai adopsi ini.

Namun akhir tahun lalu, ia menyatakan bahwa ia sedang menjelajahi kemungkinan investasi sebesar 1% dari keseluruhan dana cadangan Miami kepada Bitcoin.

Jika langkah ini terjadi, rencana awal untuk mengalokasikan dana untuk investasi uang fiat dan juga investasi pendapatan tetap akan hilang.

Baca juga: FDD: Banyak Risiko Jika Negara Dibawah Sanksi AS Menggunakan Crypto

Menurut banyak analis, jika menggunakan dana pemerintah, risikonya akan terlalu tinggi, mengingat Bitcoin naik sekitar $20.000 dan turun $10.000 dalam waktu yang singkat.

Rencana untuk mengadopsi Bitcoin ini adalah bagian dari rencana Suarez untuk membuat Miami sebagai kota yang ramah crypto.

Ia memiliki keinginan untuk mendorong mata uang crypto maju lebih tinggi akibat ia rasa adopsi ini akan membuat Miami sebagai tempat termudah untuk membangun bisnis, jika dilakukan dengan crypto.

Artikel selengkapnya dapat dibaca di sini.