Mengenal Knit Finance Proyek Wrapped Token di DeFi

Anisa Giovanny

13th July, 2021

Pasar kripto DeFi terus tumbuh sangat cepat dalam nilai dan adopsi dengan kapitalisasi pasar saat ini sebesar $67,56 Miliar (USD). Ada sejumlah proyek DeFi tanpa kasus penggunaan yang sangat khusus serta platform dengan ambisi tinggi untuk menjangkau mereka yang kurang terlayani secara finansial.

Sayangnya, partisipasi di pasar DeFi sebagian besar terbatas pada aplikasi yang dibangun di Ethereum Blockchain, memanfaatkan kemampuan smart contract. Karena itu, banyak peserta yang ingin masuk ke Defi harus mengurungkan ide dan niatnya karena melihat ekosistem yang begitu ramai di Ethereum dan hanya segelintir pemain memenuhi syarat yang bisa terlibat.

Untuk mengatasi hal ini, KNIT Finance memperkenalkan platformnya yang membuka kemungkinan Desentralisasi Keuangan ke banyak platform dan aset peserta Non-ERC20 dan Non-DeFi.

Solusinya adalah yang pertama dari jenisnya, yakni menghadirkan Wrapped token yang didukung oleh Polkadot. Dengan menggunakan platform ini, pembukaan Triliun dolar diharapkan di Alt dan aset dunia nyata untuk memasuki dunia DeFi. Apa itu KnitFinance? Selengkapnya..

Apa itu Knit Finance

Knit Finance adalah protokol terdesentralisasi unik yang menggabungkan wrapped asset atau aset terbungkus secara harfiah  di berbagai rantai, jembatan, dan pasar dunia nyata dengan layanan farming, pinjaman, perdagangan, dan margin melalui smart contract. Ini adalah generasi berikutnya dari protokol DeFi yang bertujuan untuk menjembatani beberapa rantai non-Ethereum dengan ERC20 di Fase 1.

Dengan Multichain Bridges, KNIT Finance menciptakan jalan bagi miliaran likuiditas untuk mengalir ke DeFi. Setiap crypto hodler dapat mengonversi koin mereka menjadi token standar ERC-20 yang dibungkus dengan smart contract KNIT Finance. Wrapped token yang dihasilkan dipatok ke token asli dalam rasio 1:1.

Token ini kemudian dapat dipinjamkan, dipinjam, atau difarming.  Kemudian token ERC 20 juga dapat dimasukkan ke dalam blockchain lain. Dengan metode ini KnitFinance mampu  membuka kemungkinan Keuangan Terdesentralisasi ke banyak platform dan aset peserta Non-ERC20 dan Non-DeFi.

Cara Kerja KnitFinance

KNIT Finance memberikan solusinya berdasarkan kerangka arsitektur multichain heterogen yang dikembangkan oleh salah satu pendiri Ethereum, Dr. Gavin Wood.

Dengan menggunakan Polkadot, kerangka kerja ini memisahkan kanonisitas dan validitas dalam konsensus, sehingga memungkinkan side chain yang disesuaikan untuk terhubung dengan Blockchain publik. Knit Finance dibangun di atas blockchain Polka dan Ethereum dan memiliki 3 aktor utama yaitu Kustodian, Pedagang, dan Pengguna.

Keuntungan KnitFinance

Kasus penggunaan dan manfaat proyek ini sangat besar karena memenuhi kebutuhan pasar yang sedang berkembang, dan menciptakan lebih banyak peluang bagi proyek dan rantai untuk berkembang. Proyek ini memungkinkan diversifikasi portofolio, menemani pionir pasar dalam perjalanan inovasi DeFi mereka berdasarkan kebutuhan yang berkembang, dan banyak lagi.

Berbagai Aset Bisa Menggunakan Knit Finance

Aset dunia nyata yang sebelumnya terbatas pada pertukaran terpusat tradisional sekarang dapat memasuki DeFi melalui KNIT Finance. Dengan mode wrapped saham, emas, dan bahkan fiat, aset dunia nyata ini dapat dibawa ke ekosistem DeFi.

Dengan Knit finance, pengguna dapat meminjamkan, meminjam, memberi margin, dan menghasilkan pada banyak rantai dan banyak aset yang meningkatkan nilainya. Selain itu, KNIT Finance memberikan kekuatan token non-ethereum dengan fleksibilitas token ERC20.  Knit Finance dapat menjadi untuk konversi berbagai koin dan token dengan cepat dan mudah ke token yang dibungkus ERC20 dan sebaliknya.

Toke Knit Finance

Wrapped token KNIT akan menjembatani kesenjangan antara aset terpisah dengan volume perdagangan tinggi seperti BTC dan ETH, serta aset tren lainnya, dan memberikan lebih banyak likuiditas pada pertukaran terdesentralisasi.

Ini juga dapat digunakan untuk penawaran DEX awal (IDO), IEO, dan STO untuk memungkinkan pendanaan langsung dan pencetakan token pada deposit  token synthetic.  Seluruh smart contract tidak dimiliki atau dikendalikan oleh pihak pusat. Ini 100% terdesentralisasi dan hanya bergantung pada konsensus pengguna untuk tata kelola.

Investor di KnitFinance

Knit Finance menutup putaran pribadi dan benih yang sukses dari investor terkemuka di ruang blockchain. Pendanaan ini didukung oleh mitra strategis kami dan beberapa inovator terbesar di industri ini. Investor termasuk AU21, TRG Capital, Lotus Capital, Master Ventures, LD Capital, Orion, x21, Nabais Capital, Insight Capital, Momentum 6 ,Bitcoin.com, pSquare Capital, Chronos Ventures di antara banyak lainnya.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency