Berita Bitcoin · 8 min read

Mega Whale Bergerak, Lakukan Transfer 3.000 Bitcoin!

Open interest Bitcoin sentuh ath

Mega Whale, seorang investor dengan jumlah Bitcoin yang besar, telah memindahkan sebagian besar asetnya sejak 1 Maret 2024. Pada tanggal tersebut, whale ini mentransfer 2.000 Bitcoin. Empat hari kemudian, ketika harga Bitcoin mencapai puncaknya di US$69.000 pada 5 Maret 2024, ia mengirimkan 1.000 Bitcoin lagi.

Whale ini telah memiliki Bitcoin sejak Agustus, September, Oktober, dan November 2010. Pada masa itu, nilai Bitcoin berada di bawah atau setara dengan US$0,39. Bitcoin yang dimilikinya berasal dari hadiah blok yang ditambang pada awal sejarah Bitcoin.

Dalam transaksinya baru-baru ini, dilansir dari News Bitcoin, ada 20 hadiah blok dari tahun 2010 dipindahkan, dengan semua transaksi terkait tercatat dalam blok 833,219.

Masing-masing dari 20 dompet lama menggunakan alamat Pay-to-Public-Key-Hash (P2PKH), dan dana tersebut digabungkan menjadi satu alamat Pay-to-Script-Hash (P2SH) dengan label “36i1W”. Dalam laporan ini, 1.000 BTC telah dipindahkan dari alamat konsolidasi P2SH awal.

Hadiah blok 20 BTC ditangkap oleh btcparser.com pada 5 Maret 2024

Btcparser.com, alat analisis blockchain yang melacak ribuan alamat ‘Bitcoin tidur’ dari tahun 2009 hingga 2017 mencatat selain Bitcoin (BTC) ada pula Bitcoin cash (BCH) yang terkait dengan hadiah Coinbase 20 BTC dari 2010 juga dipindahkan. Hingga saat ini, entitas misterius dari tahun 2010 telah memindahkan 17.000 BTC dari alamat yang tidak aktif.

Baca juga: Harga Bitcoin US$69 Ribu, Tertinggi Sepanjang Masa!

Whale Sepuh Hanya Muncul Di Waktu Tertentu

Mega Whale misterius ini sering melakukan pergerakan besar pada momen penting, seperti tonggak harga dan tanggal penting dalam sejarah Bitcoin. Ini termasuk hari jadi Bitcoin pada 3 Januari 2021.

Whale ini pertama kali tercatat pada 11 Maret 2020, ketika harga Bitcoin berada di US$7.953 dan sedikit di bawah US$4.000. Setelah aktivitas pada bulan Maret 2020, akun ini kemudian tidak aktif hingga bulan Oktober 2020.

Ia melanjutkan pergerakan bulanannya hingga Maret 2021. Setelah jeda singkat, investor ini muncul kembali pada 9 Juni 2021, dan kemudian pada November 2021 saat harga Bitcoin sedang meningkat.

Whale ini selanjutnya tidak terlihat lagi hingga akhir tahun 2023, dan muncul kembali pada 4 Desember, serta pada 1 Maret 2024, yang kembali bersamaan dengan Bitcoin mencapai harga tertinggi sepanjang masa US$69.210 per koin.

Baca juga: Harga Bitcoin Anjlok Setelah ATH, Rp18 Triliun Hangus Terlikuidasi

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.