Bentuk Kartu Pembayaran NFT, Mastercard Kerja Sama dengan SAND dan MoonPay

Naufal Muhammad

11th June, 2022

Mastercard dikabarkan menjalankan kerja sama baru dengan beberapa aplikasi dan proyek di dunia crypto untuk mulai mendalami Non Fungible Token atau NFT. 

Kerja sama ini adalah terkait penciptaan kartu layaknya kartu kredit dan debit yang dimiliki Mastercard, namun khusus untuk pembayaran NFT. 

Beberapa diantara proyek dan aplikasi yang diajak Mastercard kerja sama adalah Sandbox Game (SAND) dan Moonpay. 

Mastercard Bentuk Kartu Pembayaran NFT

Kabar kerja sama ini tersebar dalam sebuah publikasi yang ditulis dalam bentuk blog pada 9 Juni 2022 oleh Raj Dhamodharan, wakil direktur Mastercard.

Dalam publikasi artikel blog tersebut, tertulis bahwa Mastercard akan kerja sama dengan Immutable X, Candy Digital, The Sandbox Game, Mintable, Spring, Nifty Gateway, dan MoonPay. 

Tujuan kerja sama ini dikabarkan adalah untuk transaksi perdagangan NFT lebih tepatnya untuk kartu pembayaran NFT

“Kami sedang kerja sama dengan perusahaan-perusahaan ini untuk mempermudah pengguna Mastercard agar kartunya bisa digunakan dalam pembelian NFT baik di platform yang disediakan perusahaan-perusahaan tersebut atau di platform crypto lainnya. Dengan pengguna Mastercard yang mencapai 2,9 Miliar individu, ini akan memberi dampak besar untuk NFT.” Ujar Dhamodaran.

Tujuan awal dari kerja sama ini adalah untuk mempermudah transaksi NFT sehingga volumenya bisa kembali meningkat. 

Saat ini, untuk melakukan transaksi NFT, umumnya seorang individu harus memiliki crypto wallet seperti Metamask yang berisi crypto. 

Proses tersebut membutuhkan pengetahuan yang umumnya sulit untuk dicerna jika tidak paham dengan teknologi crypto. 

Sehingga dengan adanya kerja sama Mastercard ini, melihat kartu debit dan kredit Mastercard sering digunakan untuk belanja biasa, individu akan lebih mudah untuk transaksi NFT layaknya belanja pada umumnya. 

Hingga saat ini masih belum diketahui bagaimana mekanisme transaksi akan dilakukan. Tapi kemungkinan besar akan ada integrasi dengan MoonPay, salah satu platform pembayaran NFT terbesar di dunia. 

Selain itu, melihat mayoritas rekan kerja samanya adalah platform perdagangan NFT kemungkinan besar akan ada jalur baru yang menggabungkan Mastercard.

Akhirnya dengan kerja sama ini akan terbentuk sistem pembayaran campuran antara tersentralisasi dan terdesentralisasi. 

Satu rekan yang terlihat menjadi sorotan utama selain MoonPay adalah The Sandbox Game. Terdapat asumsi bahwa nantinya Mastercard dapat digunakan untuk transaksi NFT berupa karakter bahkan tanah untuk permainan tersebut.

Mudahnya pembayaran tersebut dapat membuat adopsi permainan tersebut semakin mudah yang dapat menjadi sentimen positif kembali untuk SAND. 

Tapi sejauh ini belum ada rincian mengenai bagaimana kerja sama akan dilakukan sehingga semua masih bersifat asumsi. 

Semakin Mendalami NFT

Ini bukan langkah pertama Mastercard ke dunia NFT karena sebelumnya perusahaan tersebut telah membuat platform perdagangan NFT sendiri. 

Walau masih dalam proses, Mastercard telah kerja sama dengan Coinbase untuk sistem pembayaran bursa NFT yang dibuat. 

Langkah ini dijalankan bersama dengan saingannya yaitu Visa yang juga mulai masuk ke dunia NFT. 

Visa sebelumnya telah melaksanakan pembelian NFT yaitu CryptoPunk yang dijadikan bagian dari portofolio investasinya. 

Tapi bisa dilihat bahwa saat ini Mastercard lebih unggul karena Visa masih belum berencana untuk masuk ke dunia NFT atau membuat platform perdagangannya sendiri. 

Jadi langkah ini membuat Mastercard lebih unggul terkait NFT dari sistem pembayaran tersentralisasi lainnya.

Dalam publikasi yang ditulis, Dhamodharan menuliskan hasil survei terbaru mengenai Mastercard yang berisi 35.000 individu di 40 negara. 

Dari survei tersebut, terlihat bahwa 45% responden menyatakan mereka telah mempertimbangkan membeli NFT atau bahkan membelinya. 

Selain itu, beberapa individu tersebut juga menyatakan mereka butuh sistem pembayaran yang lebih mudah dibandingkan penggunaan wallet crypto saat ini. 

“Secara keseluruhan, integrasi ini dilakukan untuk membuat crypto lebih mudah digunakan dan membantu untuk mendorong pertumbuhan ekosistem NFT.”  Ujar Dhamodaran. 

Jika berhasil terjadi, kerja sama ini berpotensi menjadi kerja sama yang mendorong transaksi NFT untuk kembali naik dalam jangka panjang. 

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.